Seluruh fraksi di DPR Aceh setujui Raqan APBA-P Tahun 2022

POPULARITAS.COM – Seluruh fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) menerima dan menyetujui terhadap penetapan Rancangan Qanun (Raqan) Aceh tentang Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA-P) tahun anggaran 2022.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua DPR Aceh, Safaruddin dalam rapat paripurna di gedung utama DPR Aceh, pada Jum’at (23/9/2022).

“Ada sembilan fraksi di DPRA dan kesembilan fraksi tersebut menyetujui dan menerima rancangan qanun ini,” katanya.

Saat menyampaikan pendapat diawali oleh fraksi Partai Aceh (PA), kemudian diikuti oleh fraksi Partai Nanggroe Aceh (PNA), fraksi Partai Golkar, fraksi Partai Demokrat.

Kemudian dilanjutkan oleh fraksi Partai Gerindra, fraksi Partai PKB-PDA, fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Diketahui, APBA-P yang disetujui tersebut merupakan pendapatan sebesar Rp 13 triliun atau meningkat sebesar Rp 4 miliar.

Atau sebanding dengan 0,3 persen, dibandingkan dengan Pagu Pendapatan pada APBA murni, sementara jika dibandingkan dengan pendapatan murni hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang dipisahkan terjadi penurunan, sebesar Rp 2 miliar atau 1%.

Sementara itu, belanja sebesar Rp 16 triliun, mengalami kenaikan sebesar Rp 536 miliar atau sebesar tiga persen dibandingkan Pagu Belanja pada APBA murni.

Dan Pembiayaan Netto juga mengalami peningkatan dari Rp 3 Triliun. Artinya meningkat sebesar Rp 531 Miliar atau setara dengan 19 persen dibandingkan Pagu Pembiayaan Netto APBA murni.

Comments
Loading...