News

Selama Bulan Mei Kerugian Akibat Bencana di Aceh Capai Rp 37 Miliar

Banjir terjadi di Kaampong Aree Pidie Senin 18 Januari 2021 merendam sejumlah rumah Warga. Foto; BPBA Aceh

POPULARITAS.COM – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat kebakaran pemukiman menjadi bencana yang paling banyak terjadi dibandingkan bencana lainnya di Aceh pada bulan Mei tahun 2021.

Dari seluruh kejadian bencana yang berjumlah 58 kali kejadian, kebakaran pemukiman mendominasi sebanyak 28 kali kejadian.

Kepala Pelaksana BPBA Ilyas MP, menyebut Kebakaran pemukiman yang terjadi di Provinsi Aceh pada bulan Mei menyebabkan 54 rumah, 44 ruko  dan 1 sekolah terbakar.

Korban terdampak kebakaran  berjumlah 61 KK/175 jiwa dari 28 Desa dan 28 Kecamatan. Adapun total kerugian yang disebabkan oleh kebakaran pemukiman pada bulan  ini adalah 14.9 Miliar.

“Kebakaran Pemukiman paling banyak terjadi di Aceh Besar dan Bener Meriah masing-masing sebanyak 5 kali kejadian, diikuti oleh dan Aceh Barat dan Bireuen masing-masing sebanyak 3 kali kejadian” tambah Ilyas.

Kemudian bencana banjir menjadi peristiwa kedua paling sering terjadi sebanyak 8 kali yang merendam 1.375 rumah disusul dengan bencana ketiga yaitu angin puting beliung sebanyak 7 kali kejadian.

“Banjir terjadi sebanyak 8 kali kejadian dan yang paling berdampak di Aceh Singkil (17/5) silam yang merendam rumah milik 1.092 KK/4.895 Jiwa,” ungkapnya.

Angin puting beliung, kata dia paling banyak terjadi di Aceh Jaya sebanyak 3 kali kejadian, Sedangkan banjir paling banyak terjadi di wilayah Aceh Tenggara sebanyak 2 kali.

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) BPBA mencatat wilayah yang paling banyak mengalami kejadian bencana pada bulan Mei tahun 2021 ini adalah Bener Meriah yakni sebanyak 7 kali kejadian disusul Kabupaten Aceh Tenggara dan Aceh Besar sebanyak 6 kali yang didominasi oleh kebakaran pemukiman.

Selanjutnya diikuti oleh Aceh Jaya sebanyak 5 kali yang didominasi oleh bencana Angin Puting Beliung, Lhokseumawe sebanyak 4 kali yang didominasi oleh kebakaran dan Kabupaten Gayo Lues sebanyak 4 kali yang didominasi oleh banjir dan longsor.

Dampak yang ditimbulkan akibat bencana di Aceh bulan Mei tahun 2021 antara lain banyaknya masyarakat yang terdampak bencana sebanyak  4.271 KK/, 16.085 Jiwa, pengungsi sebanyak 110 Jiwa. Total Kerugian secara Keseluruhan yang disebabkan oleh semua Bencana di bulan ini adalah Rp 37 Miliar.

Shares: