News

Selama 3 Jam KPK Tanya Tgk Anwar Seputar Fungsi DPRA

DPRA Paripurnakan 8 Raqan
Ilustrasi, suasana rapat lanjutan paripurna hak interpelasi DPRA di gedung DPR Aceh, Jumat (25/9/2020) malam. (Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – Mantan Ketua Komisi IV DPRA, Tgk Anwar Ramli menjalani pemeriksaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di gedung BPKP Aceh, Selasa (26/10/2021).

Tgk Anwar tiba di gedung BPKP Aceh sekira pukul 09.30 WIB. Tiga jam kemudian, dia keluar untuk menjalani ibadah shalat Zuhur di masjid kompleks BPKP.

Selama tiga jam di ruangan penyidik, Tgk Anwar mengaku baru tahap perkenalan. Sehingga, materi-materi yang akan ditanyakan dalam pemeriksaan belum bisa dibeberkan ke publik.

Baca: Diperiksa KPK, Ketua Fraksi PPP DPRA Irit Bicara

“Belum-belum, baru tahap memperkenalkan diri. Nanti-nanti ya baru masuk ke materi. Tadi masih biodata, masih tanya fungsi DPRA, belum masuk ke materi pemeriksaan apa, yang ditanyakan belum tahu,” ujar Tgk Anwar.

Proses pemeriksaan masih berlanjut. Pemeriksaan ini mengenai dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek-proyek pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Aceh dalam tiga tahun terakhir.

Selain mantan anggota dan pimpinan DPRA, KPK juga memeriksa anggota dan pimpinan DPRA aktif. Salah satunya adalah Wakil Ketua II DPRA, Hendra Budian. Selama tiga jam, ia dicecar soal pengadaan Kapal Aceh Hebat hingga proyek Multiyears.

“Materi pertanyaan masih sesuai dengan undangan, tentang skema anggaran 2021, terus Kapal Aceh Hebat dan Multiyears,” kata Hendra Budian saat ditemui usai shalat Zuhur di kompleks BPKP Aceh, Selasa (26/10/2021) siang.

Politikus Golkar ini mulai menjalani pemeriksaan sekira pukul 09.40 WIB. Tiga jam kemudian, ia bersama pejabat lainnya keluar dari ruangan pemeriksaan untuk menjalani ibadah shalat Zuhur di masjid kompleks BPKP Aceh.

Hendra Budian mengungkapkan, pemeriksaan tersebut akan berlanjut. Namun, ia tak tahu sampai jam berapa. Hendra berharap pemeriksaan ini segera berakhir.

“Ngobrol-ngobrol saja (sama penyidik) apa saya nggak tahu itu pemeriksaan atau bukan, tapi ya berlanjut, sampai belum tahu kita, mudah-mudahan jangan sampai sore,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: