Selama 2020, Santuan untuk Korban Laka Lantas di Aceh Mencapai Rp 62 M

POPULARITAS.COM – PT Jasa Raharja Cabang Aceh sudah menyerahkan santunan untuk korban kecelakaan lalu lintas di Aceh sebesar Rp 62 miliar selama 2020. Jumlah ini terjadi penurunan 16,31 persen dari tahun sebelumnya.

Kepala Jasa Raharja Cabang Aceh Mulkan  mengatakan, tahun 2019 santunan yang diserahkan untuk korban laka lantas mencapai Rp 75 miliar. Artinya, terjadi penurunan 16,31 persen atau Rp 13 miliar pada 2020.

“Umumnya santuan korban kecelakaan lalu lintas didominasi generasi millenial yang mencapai 50 persen,” ujar Mulkan kepada wartawan di Banda Aceh, Rabu (10/2/2021).

Mulkan tak dapat merincikan berapa orang penerima bantuan kecelakaan lalu lintas dari jumlah pembayaran Rp 62 miliar selama 2020 tersebut. Menurutnya, data kecelakaan itu wilayahnya Ditlantas Polda Aceh.

“Tetapi yang pasti jumlah angka kecelakaan menurun sesuai data yang masuk dari rumah sakit,” jelas Mulkan.

Ia menambahkan, Jasa Raharja merupakan perusahaan pelaksana UU Nomor 33 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan UU Nomor 34 tahun 1964 tentang Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Sebagai pelaksana, kata Mulkan, Jasa Raharja Aceh mendapat dukungan dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang dari setiap tiket yang dibeli  oleh orang yang menggunakan jasa angkutan umum.

Selain itu, Jasa Raharja Aceh juga mendapat dukungan sumbangan wajib fana kecelakaan lalu lintas kalan (SWDKLLJ) yang dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor pada saat membayar pajak di kantor bersama Samsat.

Mulkan menjelaskan, dana yang dihimpun itu diserahkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk santunan terhadap korban kecelakaan lalu lintas dan penumpang, baik darat, laut, maupun udara. Selain itu juga digunakan untuk biaya operasional perusahaan dan pajak, deviden bagi negara, serta untuk Corporate Social Responsibility (CSR).

“Dalam menyelenggarakan pelayanan prima bagi masyarakat, sampai dengan tahun 2020 Jasa Raharja telah bekerja sama dengan 67 rumah sakit di seluruh wilayah Aceh,” ucap Mulkan.

Editor: dani

Comments
Loading...