News

Seksi dua tol Sibanceh tunggu izin operasi dari Kementerian PUPR

PT Hutama Karya (Persero) menyatakan jalan tol Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) seksi dua siap untuk beroperasi, kini sedang menunggu surat keputusan pengoperasian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
Dua seksi tol Sibanceh siap sambut pemudik lebaran
Ilustrasi, suasana jalan tol seksi 3 (Jantho-Indrapuri) di sore hari. (Muhammad Fadhil/popularitas.com)

POPULARITAS.COM – PT Hutama Karya (Persero) menyatakan jalan tol Sigli – Banda Aceh (Sibanceh) seksi dua siap untuk beroperasi, kini sedang menunggu surat keputusan pengoperasian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Seksi dua ini kita sedang tunggu SK pengoperasian dari Kementerian PUPR, sambil terus lakukan pembenahan beberapa hal yang perlu dibenah,” kata Branch Manajer Ruas Tol Sibanceh PT Hutama Karya Jarot Seno Wibawa, dikutip dari Antara, Selasa (15/2/2022).

Jarot menjelaskan ruas jalan tol Sibanceh seksi dua itu meliput Seulimum-Jantho dengan jarak 6 kilometer. Ruas ini telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada akhir 2021, yang kemudian sertifikat laik fungsi dikeluarkan pada 31 Januari 2022.

“Seksi dua ini secara umum sudah siap untuk operasi, tinggal tunggu SK pengoperasian saja,” kata Jarot.

Menurut Jarot, apabila ruas tol seksi dua mulai beroperasi, maka total ruas tol Sibanceh yang telah rampung dan beroperasi sebanyak tiga seksi, meliputi seksi dua Seulimuem-Jantho, seksi tiga Jantho-Indrapuri dan seksi empat Indrapuri-Blang Bintang, dengan total jarak 36 kilometer.

“Sedangkan seksi lima dan seksi enam sedang dalam pengerjaan, ditargetkan selesai fisik pada pertengahan tahun ini. Kalau seksi satu ditargetkan rampung pada akhir 2022,” kata Jarot.

Tol Sibanceh secara keseluruhan nantinya akan dilengkapi dengan tujuh gerbang tol dan enam Simpang Susun atau interchange.

Selain itu, tol sepanjang 74 km ini akan memiliki dua buah Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau rest area Tipe A yang terletak di seksi 3 (Jantho-Indrapuri) KM 37 dan seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) KM 54.

“Secara keseluruhan, semua pembangunan fisik akan rampung hingga akhir tahun ini, kalau tidak ada sesuatu yang terjadi di luar rencana,” katanya.

Shares: