InsfrastrukturNews

Seksi 3 Tol Sibanceh Segera Beroperasi, Jumlah Pengguna Tol Turun Hingga 30 Persen

Pemberlakuan Tarif Tol Sibanceh Minta Ditunda
Asisten II Setda Aceh, Teuku Ahmad Dadek, didampaingi Projek Derektur PT Hutama Karya, Slamet Sudratjat meninjau progres pekerjaan Jalan Tol Sibanceh, Aceh Besar, 8/5/2020. (ist)

POPULARITAS.com – Pasca di resmikan oleh Presiden Jokowi 2020 lalu tol Sigli Banda Aceh ( Sibanceh) mulai beroperasi, antusias warga menggunakan jalan tol tinggi, setiap harinya ada 1.000 hinggga 1.200 kendaraan yang menggunakan jalan tol Sibanceh.

Namun jumlah tersebut tidak bertahan lama, jumlah pengguna jalan tol saban harinya semakin menurun hingga 30 persen atau berkisar 600 hingga 700 perhari, setelah diberlakukannya tarif tol.

Branch Manager Tol Sibanceh PT Hutama Karya, Jarot Seno Wibawa mengatakan, sebelum dikenakan tarif pengguna lalu lintas di tol Sibanceh itu berkisar antara 1.000-1.200 perharinnya dan kini sangat jauh menurun.

“Agak lumayan turun. Tapi kita bisa tahu pengguna sesungguhnya, karena dulu kan masih ada yang coba-coba,” kata Jarot.

Meski begitu, kata Jarot, untuk hari libur Sabtu dan Minggu, pengguna tol Sibanceh sedikit meningkat, mencapai kurang lebih 1.000 kendaraan perharinya.

“Sangat jauh capaiannya jika dibandingkan dengan ruas jalan tol lain,” tambahnya.

Padahal pihaknya menargetkan, di awal tahun 2021, pengguna tol Sibanceh targetnya bisa mencapai 3.169 perharinya, tapi nyatanya jauh dari target sih apalagi Pasca dikenakan tarif, jauh sekali.

Kata Jarot, turunnya jumlah kendaraan di tol Sibanceh itu juga lantaran saat ini yang baru berfungsi hanya seksi empat Indrapuri – Blang Bintang saja. Jadi secara fungsi menghubungkan memang belum begitu terasa. Tapi nanti saat gerbang Jantho dibuka, ia berharap pengguna tol naik lagi, dan sesuai target yang kita tentukan, Hapar Jarot di ujung sambungann telpon saat di konfirmasi

Sebab kata Jarot, saat gerbang Jantho dibuka untuk uji coba, pengguna tol ke arah sana mengalami kenaikan. Sambungnya,meski saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), peningkatan lalu lintas di tol Sibanceh juga tak terlalu signifikan seperti lalulintas di prov Aceh pada periode yang sama. Ia berharap jalan tol rute Jantho ini bisa di manfaatkan untuk akses transportasi Pegawai pemerintah di Aceh Besar.

“Kami juga terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait penggunaan jalan tol yang benar dan aman, karena ini kan tol pertama juga di Aceh. Jadi ketika ada yang melanggar maka itu kami  kedepankan sosialisasi,” katanya.

Selain itu menurut Jarot, di tahun 2021 ini Seksi 3 ruas jalan Tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh)  meliputi Jantho-Indrapuri, siap untuk beroperasi khususnya dan saat ini sedang menunggu sertifikat layak operasi.

“ Secara fisik seksi 3 sudah rampung dikerjakan, tinggal sedikit lagi seperti marka, pagar, yang pembangunan tidak terlalu berat,” kata Branch Manajer Tol Sibanceh PT Hutama Karya

Jarot menjelaskan proses uji laik fungsi (ULF) untuk seksi 3 tersebut sedang berjalan. Selanjutnya menunggu sertifikat layak operasi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).Setelah itu baru dapat izin operasinya untuk di operasikan, ruas tol seksi 3 Jantho-Indrapuri dengan jarak 16 kilometer ini,” kata Jarot.

 

Shares: