Sekolah Tatap Muka di Banda Aceh Terapkan Sistem Shift

POPULARITAS.COM – Seluruh sekolah di Kota Banda Aceh dari tingkat SD hingga SMP sudah mulai melaksanakan kegiatan belajar-mengajar tatap muka mulai hari ini. Proses belajar mengajar ini menerapkan sistem shift.

“Sekolah ini kita terapkan hari ini 50 persen, besok 50 persen. Jadi tidak 100 persen dalam masa uji coba ini,” ujar Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman di Banda Aceh, Senin (4/1/2021).

Ia berharap, proses belajar mengajar dengan pola tersebut dapat berjalan maksimal. Selain sistem shift, pihaknya juga mengintruksikan seluruh sekolah untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Sejak dari masuk mereka (siswa) sudah diarahkan untuk patuh pada protokol kesehatan, masuk di perkarangan (sekolah) harus mencuci tangan dulu. Kemudian di ruangan mereka harus memakai masker dan duduk jaga jarak,” ucap Aminullah.

Aminullah menambahkan, Pemko Banda Aceh melalui dinas terkait juga telah mengingatkan kepala sekolah untuk mengingatkan para guru serta siswa untuk patuh pada protokol kesehatan. Apabila ada yang dilanggar, maka langsung ditegur.

“Siapa saja yang melanggar langsung ditegur dan ini harus dilaksanakan,” tutur Aminullah.

Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar tatap muka, kata Aminullah, apabila ditemukan adanya kasus positif Covid-19, maka sekolah tersebut akan ditutup sementara waktu dan beralih ke proses belajar mengajar daring.

“Kalau nanti sekolah ternyata tidak bisa menjalankan protokol kesehatan dan timbul adanya yang terjadi Covid-19. Dan bila perlu nanti sekolah ini kita tutup kembali, jadi ada sanksinya  supaya kita sama-sama menjaga,” pungkasnya.

Aminullah juga menyebutkan, apabila proses belajar mengajar tatap muka jenjang SD-SMP itu berlangsung sukses, maka sekolah jenjang PAUD/TK juga bakal dibuka kembali.

“Kita untuk hari ini kita mulai dari SD dan SMP. Tapi yang sekolah Paud belum dilaksanakan, karena ini baru kita mulai (uji coba), tetapi nanti kalau sudah membaik, Covid-19 kita kan orange sekarang, mudah-mudahan situasi ini semakin baik,” ujarnya.

Editor: dani

Comments
Loading...