News

Sekolah di Banda Aceh Gelar Ujian Secara Tatap Muka di Tengah Covid-19

Kemendikbud: Pembelajaran semester genap mengacu SKB Empat Menteri
Arsip Foto - Sejumlah siswi dengan menggunakan masker mengikuti proses belajar mengajar pada hari pertama sekolah tatap muka di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Barat, Aceh, Senin (20/7/2020). (ANTARA/Syifa Yulinnas)

POPULARITAS.COM – Sekolah di Kota Banda Aceh bakal melaksanakan ujian akhir semester dengan sistem tatap muka di tengah pandemi Covid-19. Ujian ini tetap mengedepankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Banda Aceh belum menerapkan sekolah tatap muka, kita menunggu Januari aja, tapi mereka ada yang sedang ujian pada tanggal 30 November 2020,” ujar Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar, Lila Rosnilawati saat dihubungi popularitas.com, Kamis (26/11/2020).

Ia menjelaskan, selama ini, sekolah di Banda Aceh menerapkan proses belajar dengan sistem dalam jaringan (daring). Namun, proses ujian akhir harus dilaksanakan secara tatap muka karena menggunakan komputer.

“Ujian mereka itu datang ke sekolah dan pakai komputer dengan menerapkan protokol kesehatan. Menerapkan sistem sifht, tidak semuanya satu kelas sampai 30 orang,” tutur Lila Rosnilawati.

Selama proses belajar daring, kata Lila, memang tidak semua siswa mampu menyerap mata pelajaran maksimal, layaknya saat belajar tatap muka. Persoalan ini tentunya menjadi tugas para dewan guru.

Kata Lila, Dinas Pendidikan Aceh telah mengintruksikan agar para guru lebih kreatif dalam menangani persoalan tersebut. Misalnya, apabila ada keluhan-keluhan daripada siswa, guru tersebut harus mencari solusi, apakah mendatangi para siswa atau sebaliknya.

“Anak-anak kita yang tidak paham boleh datang ke sekolah, langsung dibimbing sama gurunya, ada yang 2-3 orang, yang kurang paham diperbolehkan belajar tatap muka dengan guru,” jelas Lila.

“Kami mengharapkan siswa ini, mereka itu harus belajarlah dengan bagus, kemudian perlu juga belajar diskusi beberapa orang mereka, agar dapat menerima sama dengan kawan yang lain,” harapnya

Editor : Fitri Juliana

Shares: