News

Sekda luncurkan penyaluran Bansos PKH bagi 574 ribu warga Aceh

Sekda Aceh, dr Taqwallah, Jumat (23/7/2021), meluncurkan secara resmi penyaluran Bantuan sosial program keluarga harapan (Bansos PKH), dan sembako di provinsi ujung barat Sumatera tersebut.
Sekda Aceh, dr Taqwallah, saat menyerahkan secara simbolis bansos PKH kepada penerima manfaat, Jumat (23/7/2021), di Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Sekda Aceh, dr Taqwallah, Jumat (23/7/2021), meluncurkan secara resmi penyaluran Bantuan sosial program keluarga harapan (Bansos PKH), dan sembako di provinsi ujung barat Sumatera tersebut.

Bertempat dikantor Gubernur Aceh, dengan Kepala Kantor Regional Bank Syariah Indonesia (BSI), Sekda menyerahkan secara simbolis Bansos PKH kepada salah satu keluarga penerima manfaat.

Kegiatan tersebut juga digelar secara virtual dan diikuti oleh bupati dan wali kota se-Aceh serta berbagai stakeholder terkait  lainnya.

baca juga : Sekda Taqwallah Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19

Khusus penyaluran Bansos PKH dan sembako, di provinsi Aceh dilaksanakan oleh BSI, hal tersebut dikarenakan adanya aturan Lembaga Keuangan Syariah (LKS) yang mengatur tentang keberadaan perbankan di provinsi berjuluk serambi mekkah ini wajib syariah.

Penyaluran Bansos PKH dan sembako, pada tahun sebelumnya dilaksanakan perbankan nasional.

Total KPM bansos di 23 kabupaten/kota di Aceh berjumlah 574.031 orang yang terdiri dari 251.158 penerima PKH dan 322.873 penerima sembako. Penyaluran ini akan dilakukan mulai Juli hingga Desember 2021. 

Sekda Aceh dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pihak BSI sebagai penyalur bansos tersebut. Ia berharap BSI  dapat melakukan tugas mulia tersebut dengan baik dan lancar. Sehingga penerima bantuan dapat segera merasakan manfaatnya.

 “Pemerintah Aceh berharap Bantuan Sosial PKH dan Sembako ini mampu memperkuat daya beli masyarakat, menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi Aceh, sehingga pertumbuhan ekonomi di Aceh dan Indonesia secara umum menjadi lebih baik di tengah pandemi Covid-19 ini,” ujar Taqwallah.

Kepada masyarakat penerima manfaat, Taqwallah meminta mereka untuk  menggunakan dana bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan hidup di masa sulit ini. 

“Bantuan Sosial ini diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19, sebagaimana diharapkan oleh Presiden Joko Widodo saat meluncurkan program bantuan tunai se Indonesia pada awal Januari 2021 lalu,” ujar Taqwallah. 

Sekda mengatakan, Pemerintah Aceh dan Pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Aceh, mendukung penuh pelaksanaan berbagai program bantuan tunai dari Pemerintah Pusat. 

Editor : Hendro Saky

Shares: