Sejumlah Sekolah Terendam Banjir, Ujian Semester Di Tunda

POPULARITAS.Com – Banjir yang melanda Aceh Timur dalam 3 hari ini telah merendam 190 gedung sekolah mulai dari TK hingga SMA di 18 Kecamatan di Kabupaten Aceh Timur, sehingga aktivitas belajar mengajarpun harus terhenti.

Tingginya intensitas hujan yang terjadi sejak Jumat (4/12) dan meluapnya air sungai di wilayah itu pemukiman warga dan ratusan sekolah, sehingga ribuan siswa di sekolah terpaksa diliburkan dan ujian akhir semester ditunda.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri mengatakan ujian semester kali ini ditunda dan aktivitas belajar mengajar dihentikan sementara waktu sampai banjir ini usai dan kondisi kembali normal.

“Iya, hampir 200 gedung sekolah yang terendam, baik TK, SD dan SMP, jumlah TK yang terendam akibat banjir mencapai 70 unit yang tersebar di 18 kecamatan. Sementara gedung SMP yang tergenang mencapai 35 unit dan gedung SD mencapai 85 unit” Jelas Saiful Basri.

Ia juga telah menginstruksikan ke seluruh kepala sekolah baik TK, SD dan SMP untuk menunda dulu proses pembelajaran dan ujian akhir semester yang sedang berlangsung. Hal itu penting agar tidak menjadi ancaman terhadap siswa yang bepergian dari rumah ke sekolah.

“Sangat banyak sekolah baik TK, SD dan SMP yang tergenang banjir sehingga aktivitas di sekolah tidak bisaa dilakukan, namun ada juga beberapa sekolah yang tidak tergenang air, tapi jalan menuju ke sekolah tergenang air dan itu bisa membahayakan para siswa jika tetap di paksakan untuk bersekolah. Sehingga kami instruksikan untuk tunda aktivitas pembelajar, karena kondisi saat ini banjir masih melanda sebagian besar Aceh Timur,” kata Kadis Pendidikan Aceh Timur.

Sementara Kepala BPBD Aceh Timur Ashadi mengatakan data sementara terdapat 17,648 unit rumah yang tersebar di 226 gampong di 18 Kecamatan di Aceh Timur terendam banjir. Ketinggian air mulai 30 hingga 200 centimeter dari permukaan tanah.

“Untuk total jumlah pengungsi saat ini di Aceh Timur mencapai  9.988 orang dalam 2.616 kepala keluarga (KK) di sejumlah kecamatan didaerah itu,” jelasnya.

Comments
Loading...