Sejumlah anggota DPRA minta Gubernur Aceh ganti Sekda

POPULARITAS.COM – Sejumlah anggota DPR Aceh, minta kepada Pj Gubernur Aceh, untuk mengganti Sekda Taqwallah. Hal tersebut disampaikan Tgk Anwar Husen dari Fraksi Partai Aceh, dan Falevi Kirani dari Fraksi PNA, saat sidang paripurna dalam agenda pengesahan KUA PPAS 2023, Jumat (15/7/2022).

Falevi Kirani, dalam penyampaiannya kepada Pj Gubernur Aceh mengatakan, tugas Sekda Aceh tidak Hanya sebatas membagikan SK tenaga kontrak, tapi jauh lebih penting adalah mengamankan kebijakan pembangunan, dan regulasi yang menyangkut kepentingan rakyat.

Dia juga mengatakan, pihaknya merasa lelah akibat seringnya konflik antara pihak eksekutif dan legislatif dikarenakan ketidakmampuan Sekda Aceh membangun komunikasi yang efektif.

Menurutnya, peran Sekda Aceh dalam pandangan pihaknya juga tidak memiliki kapasitas dalam tata kelola pemerintahan yang baik. Hal itu ditandai tidak adanya manajerial seluruh SKPA yang ada untuk mengelola anggaran yang ada untuk perbaikan pelayanan publik. Akibatnya, banyak program yang terhambat, SILPA yang yang besar, yang bermuara upaya penurunan angka kemiskinan menjadi tidak maksimal.

Untuk itu, Dia meminta kepada Pj Gubernur Aceh, untuk segera melakukan evaluasi terhadap kinerja Sekda Aceh Taqwallah, dan bila perlu untuk segera menggantinya.

Pandangan serupa juga disampaikan oleh Tgk Anwar Husen, Ia berpendapat, jumlah anggaran yang besar yang diterima Aceh belum dapat menyelesaikan persoalan pendidikan di daerah ini. Hal tersebut bukti kegagalan pemeritahan sebelumnya.

Untuk itu, Ia meminta kepada Pj Gubernur Aceh untuk tidak menitipkan kompleksitas persoalan yang ada kepada Sekda Aceh Taqwallah. Dia menilai Sekda tidak punya kapasitas untuk bekerja.

Sekda Aceh selama ini hanya mengurusi hal-hal kecil dan remeh temeh, yang mana hal tersebut sama sekali tidak menyangkut persoalan perbaikan pelayanan dasar bagi masyarakat. Untuk itu, Dia mengharapkan kepada Pj Gubernur Aceh untuk segera mengganti Sekda Aceh Taqwallah, demikian Tgk Anwar Husen.

Kawasan Industri Aceh (KIA) Ladong – Disperindag Aceh
Comments
Loading...