News

Sedang Jumat, Gempa Tektonik Guncang Aceh Singkil

Sedang Jumat, Gempa Tektonik Guncang Aceh Singkil

POPULARITAS.COM – Gempa tektonik mengguncang Kabupaten Singkil dengan magnitudo 4.5 Jumat (9/10/2020) saat umat muslim sedang melaksanakan salat Jumat sekira pukul 12.57 WIB.

Berdasarkan hasil analisis Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar gempabumi memiliki parameter magnitudo 4.5 dengan episenter gempabumi terletak pada koordinat 2.22 LU dan 97.57 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 29 km Barat daya Kabupaten Aceh Singkil pada kedalaman 27 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas subduksi yang terjadi di Pantai Barat Pulau Sumatera,” Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar
Djati Cipto Kuncoro, Jumat (9/10/2020).

Katanya, dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Singkil, Subulussalam, Pulau Banyak III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu).

Sedangkan Kabanjahe dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

“Hingga pukul 13:50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” terangnya.

Ia meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. “Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG,” pintanya.[]

Editor: Acal

Shares: