HukumNews

Security Gagalkan Upaya Pembobolan ATM Bank Aceh di Sampoinit

Polisi memasang garis pembatas (police line) di TKP upaya pembobolan ATM Bank Aceh Capem Sampoinit Aceh Utara (Istimewa)

LHOKSUKON (popularitas.com) – Salah satu petugas keamanan di Bank Aceh Cabang Pembantu Sampoiniet Kecamatan Baktya Barat, Aceh Utara, berhasil menggagalkan pembobolan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di wilayah kerjanya, Kamis, 12 Desember 2019 sekitar pukul 04.23 WIB. Para pelaku yang ketahuan saat menjalankan aksinya ini kemudian kabur ke pemukiman warga.

“Kawanan pelaku baru sempat membuka penutup luar mesin ATM. Aksinya diketahui security bank yang bertugas jaga,” kata Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kasat Reskrim AKP Adhytia Pratama, Kamis pagi.

Dia mengatakan salah satu pelaku sempat menodongkan pistol ke arah security, sebelum akhirnya kabur menggunakan sepeda motor. Aksi pembobolan ATM ini langsung dilaporkan ke Polsek setempat.

Alhasil, pelaku yang berupaya kabur tersebut sempat berpas-pasan dengan petugas Polsek di jalan. Mereka lantas berputar arah dan mengejar tersangka yang berboncengan tiga tersebut.

Adhytia menyebutkan petugas sempat melepaskan tembakan peringatan untuk menghentikan kawanan maling itu. Namun, ketiga tersangka langsung melarikan diri dengan meninggalkan sepeda motornya di jalan. “Saat ini ATM tersebut kita police line untuk penyelidikan, dan saat ini Satuan Polres Aceh Utara masih mengejar pelaku yang hilang ke pemukiman warga,” katanya.

Sementara itu, beberapa barang bukti telah diamankan petugas dari lokasi tempat kejadian perkara seperti satu unit sepeda motor matic Mio Soul hitam nomor polisi BL 6888 PQ, satu pucuk pistol mainan, dua tas ransel, satu palu, linggis, dan juga tabung gas LPG 3 Kg. Selain itu, polisi juga mengamankan satu karung yang berisi alat las, tabung oksigen, blender dan regulator.

Bersama barang bukti tersebut, petugas juga menyita pakaian, jaket, dan sepatu yang diduga ditinggal pelaku saat kabur dari sergapan polisi.* (RED/C-006)

Shares: