News

Sebagian Wilayah di Aceh Berpotensi Diguyur Hujan Lebat

BMKG: Aceh diprakirakan diguyur hujan
Ilustrasi

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Koordinator Provinsi Aceh mengeluarkan peringatan dini prakiraan cuaca dengan potensi curah hujan sedang hingga lebat pada katagori 4.

Hujan pada kategori itu bisa berdampak banjir dalam skala menengah di wilayah bantaran sungai atau wilayah dataran rendah, daerah hilir serta tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dalam sekala menengah.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Zakaria Ahmad mengatakan, bila dilihat dari dinamika atmosfif pemicunya antara lain, terbentuknya konvergansi, belokan angin di Aceh, adanya anomali suhu muka laut antara +1.0 sampai dengan +3.0°C, di Selat Malaka dan di Samudra Hindia Barat Sumatera dan Laut Andaman.

“Keadaan ini dapat meningkatkan penguapan air laut dan dapat memicu cuaca buruk di Provinsi Aceh,” kata Zakaria dalam keterangannya, Sabtu (17/4/2021).

Ia menyebutkan, peringatan dini prakiraan cuaca ini berlaku mulai 17 April 2021 pukul 07.00 WIB sampai dengan 18 April 2021 pukul 07.00 WIB yang meliputi Kecamatan Sultan Daulat dan Simpang Kiri (Kota Subulussam),

Lalu, Kecamatan Lauser, Babul Rahmah, Babul Makmur, Lawe Sigala-gala, Semadam, Lawe Alas, Tatanoh Alas, Bukit Tusam, Darul Hasanah, Babussalam, Bambel, Lawe Sumur, Lawe Bulan, Deleng Pokhkichen, Badar, Ketambe (Kabupaten Aceh Tenggara).

Kemudian, Kecamatan Trumon Timur, Labuhan Haji, Labuhan Haji Barat Labuhan Haji Timur, Meukek, Kluet Tengah, Kluet Timur, Sawang, Samadua, Pasi Raja, Tapaktuan (Aceh Selatan)

Selanjutnya, Kecamatan Tenggalun, Tamiang Hulu, Bandar Pusaka (Aceh Tamiang), Kecamatan Serba Jadi, Simpang Jernih (Aceh Timur), Kecamatan Pining, Terangun, Tripe Jaya, Balang Jeurango, Kuta Panjang, Blang Pegayon, Putri Betung, Blang Kejeren, Dabun Gelang, Pantan Cuaca, Rikit Gaib (Gayo Lues).

Lalu, Kecamatan Linge (Aceh Tengah), Kecamatan Jeumpa, Blang Pidie, Setia, Lembah Sabil, Tangan-Tangan (Aceh Barat Daya).

Zakaria menambahkan, selain wilayah-wilayah tersebut, kabupaten/kota yang lain di Aceh juga masih berpotensi terjadi hujan ringan hingga sedang dan tidak merata.

“Begitu juga untuk masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana,” tutur Zakaria.

Editor: dani

Shares: