News

Sebagian warga Subulussalam mulai kumandangkan takbir Iduladha

Sebagian umat muslim di Kota Subulussalam melaksanakan shalat Ied di pelataran Mesjid Taqwa, Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Sabtu (9/7/2022). (ANTARA/Fakhrul Razi Anwir)

POPULARITAS.COM – Sebagian warga Kota Subulussalam, Provinsi Aceh mulai mengumandangkan takbir sejak Jumat malam dan Sabtu (9/7/2022) pagi melaksanakan salat Iduladha 1443 Hijriah.

Pantauan di lapangan, ribuan masyarakat tampak berdatangan mulai pukul 06.30 WIB ke Masjid As-Silmi dan Masjid Taqwa, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, untuk melaksanakan salat Ied.

Iskandar, jemaah di Mesjid Taqwa, mengatakan pelaksanaan salat Ied hari ini berpatokan dari penetapan Pengurus Pusat Muhammadiyah yang menyatakan 10 Dzulhijah jatuh pada 9 Juli 2022.

“Kami melaksanakan Shalat Ied hari ini sebagaimana instruksi PP Muhammadiyah,” kata Iskandar.

Disinggung terkait hasil sidang isbat Kementerian Agama yang menetapkan Iduladha 1443 Hijriah, Iskandar enggan berkomentar banyak. Dia berharap perbedaan ini dapat semakin mempersatukan umat muslim.

“Perbedaan itu adalah rahmat. Begitu sabda Baginda Nabi Muhammad,” ujarnya sembari melangkah memasuki pelataran masjid.

Kendati perayaan salat Ied dilaksanakan hari ini, pemotongan hewan qurban akan diselenggarakan besok. Setelah melaksanakan salat Ied, warga terlihat saling bersalaman dan meninggalkan masjid. (ANT)

Shares: