NewsOlahraga

SEA Games: Indonesia Kalahkan Singapura 2-0

Indonesia berhasil mengalahkan Singapura di SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

FILIPINA (popularitas.com) – Indonesia berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 2-0 dalam laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Kamis, 28 November 2019.

Timnas Indonesia mendapat pressing ketat dari Singapura sepanjang babak pertama. Singapura sukses mempersempit ruang gerak trio lini tengah Indonesia, Evan Dimas-Zulfiandi-Syahrian Abimanyu.

Strategi Singapura terbilang berbuah manis karena mereka mampu menghasilkan lebih banyak peluang emas dibandingkan Indonesia di babak pertama. Indonesia tak bisa melepaskan satu tembakan ke gawang Singapura dan harus puas bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Setelah kesulitan di babak pertama, Indonesia akhirnya mencatat peluang terbaik di laga ini di menit ke-52. Peluang itu lahir dari aksi individu Egy Maulana Vikri.

Egy yang bergerak di sisi kanan pertahanan Singapura mampu mengecoh dua pemain Singapura sebelum melepaskan tendangan kaki kanan. Namun tendangan Egy masih bisa diblok oleh kiper Singapura, Muhammad Zharfan.

Setelah peluang Egy, pemain-pemain Indonesia mulai tampil lebih agresif. Di menit ke-55, tendangan keras Saddil Ramdani masih membentur bek Singapura dan keluar lapangan.

Kebuntuan Indonesia akhirnya pecah di menit ke-63 setelah Osvaldo Haay membobol gawang Singapura. Osvaldo berhasil merebut umpan lambung yang diarahkan ke kotak penalti Singapura.

Setelah memenangkan perebutan bola, Osvaldo melepaskan tembakan keras kaki kiri yang membuat bola meluncur melewati sela dua kaki Zhafran.

Usai mencetak gol, permainan Indonesia terlihat lebih baik. Alur bola antar pemain menjadi lebih jelas dibandingkan sebelumnya.

Gol kedua pun kemudian datang pada menit ke-74 lewat Asnawi Mangkualam. Gol ini berasal dari assist Osvaldo. Osvaldo yang menguasai bola di kotak penalti setelah menerima umpan Asnawi melihat pergerakan Asnawi yang berlari menyusul dirinya.

Osvaldo menyodorkan bola ke arah Asnawi. Bek bernomor punggung 14 itu sempat kehilangan keseimbangan setelah menerima bola tetapi tetap bisa mengirim bola masuk ke gawang.

Dua menit berselang, Saddil melepaskan tendangan keras namun bola masih melebar di sisi kanan gawang. Pada menit ke-79, Asnawi nyaris mencetak gol kedua di laga ini. Tembakan keras Asnawi menerpa mistar gawang.

Singapura nyaris memperkecil skor di menit ke-81 saat sundulan Irfan Fandi mengenai mistar. Setelah momen itu terjadi kemelut di gawang Indonesia namun Nadeo Argawinata berhasil melakukan blok terhadap bola yang mengarah ke gawang.

SItuasi pertandingan sempat memanas di masa injury time setelah Egy dilanggar oleh pemain Singapura. Perselisihan sempat terjadi di antara kedua tim. Skor 2-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Sumber: CNN

Shares: