Satu sapi di Aceh Jaya terpapar wabah PMK

POPULARITAS.COM – Kepolisian Polres Pidie Jaya, bersama Dinas Perkebunan dan Perternakan setempat, menemukan satu hewan ternak terindikasi wabah penyakit mulut dan kaki (PMK).

Hewan ternak sapi yang terindikasi terpapar virus PMK itu ditemukan saat Polisi bersama tenaga kesehatan hewan melakukan pemantauan dari kandang ke kandang, Jumat (13/5/2022).

Kasat Reskrim Polres Pidie Jaya, Iptu Dedy Miswar menyebutkan, dari hasil pemantauan, pihaknya menemukan satu ekor sapi di kandang di Kecamatan Bandar Dua, menunjukkan gejala PMK.

“Jadi hasil kita lakukan pemantauan di kandang-kandang, satu ekor sapi terindikasi PMK, karena ada gejala-gejala virus PMK,” kata Iptu Dedy Miswar, Jumat (13/5/2022).

Pasca polisi menemukan satu ekor sapi terindikasi terpapar PMK di Kecamatan Bandar Dua, kemudian langsung diberikan pengobatan untuk selanjutnya diisolasi dan dijauhkan dari hewan ternak lainnya.

Jelasnya, pengisolasian sapi yang terindikasi bergejala PMK tersebut, sangatlah penting untuk mencegah virus mematikan itu menyebar ke hewan-hewan ternak lainnya.

Usai terdapat satu ekor sapi terindikasi UMK, pihaknya meminta masyarakat untuk dapat melaporkan jika menemukan hewan terbak bergejala virus mematikan itu.

 

Editor : Hendro Saky

Comments
Loading...