News

Satu lagi awak kapal rute Langsa-Thailand yang hilang kontak ditemukan selamat

Basarnas Banda Aceh menyatakan satu lagi awak KM Frikenra dengan rute Langsa-Thailand yang sebelumnya dilaporkan hilang kontak, kini ditemukan dengan selamat di Perairan Langkawi, Malaysia pada Rabu (1/6/2022) pukul 01.00 WIB.
Basarnas Banda Aceh pada Rabu (1/6/2022) melakukan pencarian awak KM Frikenra rute Langsa-Thailand yang hilang kontak di perairan Selat Malaka. (Dok. Basarnas Banda Aceh)

POPULARITAS.COM – Basarnas Banda Aceh menyatakan satu lagi awak KM Frikenra dengan rute Langsa-Thailand yang sebelumnya dilaporkan hilang kontak di perairan Selat Malaka, kini ditemukan dengan selamat di perairan Langkawi, Malaysia pada Rabu (1/6/2022) pukul 01.00 WIB.

Kepala Basarnas Banda Aceh, Budiono mengatakan, informasi tersebut ia terima pada Rabu (1/6/2022) pukul 09.00 WIB dari pemilik kapal KM Cahaya Laut. Adapun korban yang ditemukan selamat yaitu Suratman (52), warga Medan.

“Suratman telah ditemukan dalam kondisi selamat pada pukul 01.00 WIB. Korban ditemukan di perairan Langkawi Malaysia pada jarak 85 Nm dari Pangkalan Brandan-Sumatera Utara (di sekitar lokasi penemuan 3 korban),” ucap Budiono, Kamis (2/6/2022).

Sekitar pukul 08.30 WIB, sebut Budiono, korban tiba di Pangkalan Brandan menggunakan KM Cahaya Laut. Korban kemudian dievakuasi dan dipulangkan ke asalnya.

Dengan ditemukannya Suratman, lanjut Budiono, maka 4 dari 5 awak kapal yang hilang kontak tersebut telah ditemukan dengan selamat. Sementara satu orang lagi atas nama Muhammad Yusuf (41), warga Medan masih dalam proses pencarian.

“Pencarian hari keempat dari pukul 07.30 WIB hingga 19.30 WIB dengan hasil nihil, pencarian akan dilanjutkan pada pagi ini,” terang Budiono.

Pencarian korban melibatkan Basarnas Banda Aceh, TNI AL, Bakamla, MRCC Putra Jaya (Malaysia), TLDM (Malaysia), APMM (Malaysia), SROP Lhokseumawe dan Satgas SAR Lhokseumawe

“Pencarian juga melibatkan nelayan di perairan Selat Malaka,” tutur Budiono.

Shares: