News

Satu Keluarga di Aceh Besar Dievakuasi Karena Terjebak Banjir

Puting Beliung dan Banjir Landa Dua Desa Dataran Tinggi di Aceh
Ilustrasi, banjir. (ist)

POPULARITAS.COM – Satu keluarga asal Gampong Lam reung Kecamatan Krueng Barona Jaya, Kabupaten Aceh Besar terjebak di kebun karena sungai yang mereka lintasi airnya meluap akibat tingginya curah hujan

“Mereka satu keluarga pergi ke kebun dengan menyeberangi sungai sekitar pukul 14.15wib, namun saat kembali debit sungai tidak bisa diseberangi lagi,” kata Personel Pusdalops Aceh Besar, Maswani seperti dilansir laman Antara, Senin (17/5/2021).

Ia menjelaskan petugas piket pemadam BPBD Aceh besar Pos Induk Sibreh menerima informasi tentang adanya kejadian beberapa warga asal Desa Lamreung Kecamatan Krueng Barona Jaya di mana mereka satu keluarga pergi ke kebun dengan menyeberangi sungai sekitar pukul 14.15 WIB.

Menurut dia pada saat mereka menyeberangi sungai kondisi debit air masih normal dan masih bisa mereka seberangi dengan berjalan kaki dengan ketinggian air sungai pada saat itu sekitar selutut orang dewasa.

Namun pada saat mereka hendak balik dari kebun sekitar pukul 18.25 WIB, tiba-tiba debit air sungai sudah tinggi dan deras, faktor tersebut tidak terlepas dari hujan yang mengguyur di hulu sungai sehingga debit air sungai seketika berubah kencang dan keruh.

“Petugas langsung bergerak ke lokasi kejadian saat menerima informasi,setiba petugas di lokasi kejadian petugas meminta kepada warga tersebut untuk tenang dan tidak panik sambil petugas mencari jalan atau cara untuk bisa mengevakuasi mereka,” katanya.

Ia mengatakan petugas pemadam BPBD Aceh Besar yang juga ikut dibantu personil TNI, Polri dan masyarakat langsung mengaitkan tali dan mengikat nya dengan membentang sungai sebagai tempat pegangan untuk selanjutnya mengevakuasi satu persatu warga yang terjebak tersebut.

Namun sebelum di evakuasi sesuai dengan standar operasi prosedur demi keselamatan dan keamanan satu persatu warga yang akan dilewati dikenakan dulu life jacket untuk keselamatan.

“Alhamdulillah seluruh warga tersebut berhasil di evakuasi oleh petugas pada pukul 23.30 WIB dan semuanya dalam keadaan selamat,” demikian Maswani.

Shares: