News

Satu Gajah Betina di Aceh Timur Terluka Karena Diserang

Pidie, Kabupaten Paling Tinggi Konflik Gajah
Seekor gajah liar meli8ntas di savana Bukit Payalah, Desa Karang Ampar-Bergang, Aceh Tengah, Rabu (3/11/2020). Menurut keterangan warga setempat, di Desa Karang Ampar-Bergang gajah liar kerap memasuki perkebunan warga untuk mencari makan.

POPULARITAS.COM – Satu ekor gajah liar betina di Kecamatan Peunaron, Kabupaten Aceh Timur ditemukan terluka. Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menduga, gajah tersebut terluka karena diserang oleh gajah jantan.

“Dia kan betina yang kena serang, karena ada gajah jantan yang berahi, mungkin dia menolak jadi dia diserang,” kata Kepala BKSDA Aceh, Agus Arianto saat dikonfirmasi, Senin (22/3/2021).

Agus menjelaskan, pihaknya mengetahui ada gajah terluka berawal dari informasi masyarakat. Dari informasi ini, tim BKSDA turun ke lokasi untuk memastikannya.

“Dapat informasi dari masyarakat bahwa ada gajah liar yang terluka, kemudian kita tindaklanjuti penanganan di lapangan,” jelas Agus.

Dari pemeriksaan tim medis, kata Agus, gajah tersebut sudah terluka sekitar satu bulan lalu. Luka-luka tersebut terdapat di bagian telinga, punggung, pangkal paha depan, belakang dan lingkaran mata sebelah kanan.

“Sedang diobati oleh tim, karena terserang gajah jantan liar, jadi memang ada beberapa luka infeksi sehingga perlu pengobatan oleh tim,” sebut Agus.

Agus menyebutkan, pengobatan pertama dilakukan pada Sabtu (20/3/2021) malam. Sementara pengobatan kedua rencananya dilakukan pada Senin (22/3/2021) sore.

“Sore ini rencana ada pengobatan kedua, tetapi gajah tidak diikat, gajah tetap dilepasliarkan tetapi dalam pantauan tim kita bersama antara FKL dan BKSDA Aceh,” kata Agus.

Editor: dani

Shares: