News

Satgas Laut Biru Emban Tugas Bebaskan Laut Dari Sampah

BANDA ACEH (popularitas.com) – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Aceh membentuk Satgas Laut Biru. Tim tersebut ditugaskan untuk menjaga laut agar bebas dari sampah dan mengedukasi masyarakat sekitar pesisir akan kebersihan lingkungan.

Kepala DKP Aceh, Cut Yusmanizar, mengatakan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih sangat rendah. Hal itu mendorong lembaga yang dipimpinnya membentuk tim Satgas Laut Biru untuk menjaga kebersihan laut dari sampah, terutama plastik.

Tidak dapat dipungkiri, sampah plastik yang mencemari laut dan pelabuhan-pelabuhan yang ada di Aceh masih tak tertangani dengan baik. Hal tersebut mempengaruhi kualitas produk perikanan Aceh yang tak bersih.

“Tim ini juga sebagai edukasi bagi masyarakat kita di sini agar menjaga kebersihan,” sebut Yusmanizar, Jumat, 5 April 2019.

Dia juga menyebutkan pembentukan satgas tersebut tidak hanya pada tingkat provinsi akan tetapi juga dilakukan di setiap kabupaten/kota di Aceh.

“Kita ingin menjaga lingkungan laut bebas dari sampah supaya ekosistem laut tetap terjaga,” katanya.

Satgas Laut Biru Aceh ini melibatkan beberapa instansi terkait untuk ikut terlibat, di antaranya DKP Aceh, Polair, Dinas Kebersihan Kota Banda Aceh, Bakamla, PSDKP, Badan Karantina, SUPM Ladong, LSM, dan beberapa lembaga lainnya.

Simbolisasi dalam memerangi sampah di laut itu dimulai Satgas Laut Biru dengan melakukan aksi membersihkan Pelabuhan Perikanan Samudera Kutaraja Lampulo, Banda Aceh.

“Aksi ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kita di sini bersama instansi terkait melakukan aksi bersih-bersih supaya masyarakat bisa mengikuti sehingga tidak membuang sampah sembarangan,” ujarnya. (ASM)

Shares: