News

Satgas Covid-19 Sekolah Jadi Garda Terdepan Melaksanakan Prokes

Bersiap Sekolah Tatap Muka di Tengah Covid-19
Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmat Fitri HD. Foto modus.com

– Dinas Pendidikan Aceh telah membentuk Satuan Gugus (Satgas) Covid-19 di setiap sekolah seluruh Aceh. Satuan khusus ini menjadi garda terdepan dalam pelaksanaan protokol kesehatan mencegah penyebaran virus corona saat sekolah tatap muka mulai diberlakukan.

“Satgas Covid-19 di tingkat sekolah itu menjadi garda terdepan melakasanakan prokes,” kata Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Rachmad Fitri kepada popularitas.com.

Katanya, Satgas ini tidak hanya melaksanakan fungsi sebagai pencegahan penyebaran Covid-19, tetapi juga diwajibkan untuk mengawal pelaksanaan protokol pendidikan sebagaimana yang telah ditetapkan.

Sehingga pelaksanaan sekolah, baik tatap muka maupun daring, sebutnya, bisa berjalan dengan baik. Apa lagi selama belajar daring, sekolah tetap buka seperti biasanya, hanya saja peserta didik yang tidak datang ke sekolah untuk mengikuti pelajaran.

Sebelumnya pemerintah hanya mengizinkan belajar tatap muka bagi daerah yang masuk zona hijau. Selebihnya tetap harus dilakukan pembelajaran secara daring maupun luring. Namun setelah keluarganya SKB tiga menteri, pemerintah sudah mengizinkan belajar tatap muka semua zona awal Januari 2021 mendatang.

Peran Satgas Covid-19 di sekolah, sebutnya, menjadi sangat penting untuk mengevaluasi proses pembelajaran, terutama dalam memastikan semua mematuhi protkes sebagaimana yang telah ditentukan.

Seperti menjaga jarak, memantau semua menggunakan masker hingga mencuci tangan sebelum ke masuk sekolah. “Satgas diberikan kewenangan penuh untuk mengevaluasi penerapan belajar di sekolah, Satgas punya kewenangan besar menghentikan atau melanjutkan belajar tatap muka,” sebutnya.

Rachmad Fitri berharap, semua pihak agar patuh terhadap pelaksanaan prokes pencegahan Covid-19. Saat ini, berdasarkan rekomendasi ahli, hanya itu yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona.[]

Shares: