News

Santri Dayah Darussalam Lebih Utamakan Selamatkan Kitab Ketimbang Pakaian

Kebakaran landa pesantrren Darussalam, di Aceh Selatan. (ist)

ACEH SELATAN (popularitas.com)– Kebakaran di Dayah Darussalam Al-Waliyah Blang Poroh, Labuhan Haji Barat, Aceh Selatan, menghanguskan 60 bilik santri.

Akibatnya, pakaian, peralatan belajar, kitab-kitab, dan peralatan sehari-hari lainnya milik 160 santri ludes dilalap api. Para santri korban kebakaran akan menginap di kamar milik santri lain.

“Waktu kebakaran, santri-santri lebih utamakan selamatkan kitab dari pada pakaian mereka. Sekarang mereka tidak punya pakaian layak pakai, sehingga meminjam pakaian temannya,” ujar Ketua Dewan Guru Dayah Darussalam Al-Waliyah Tgk Akbarni, Senin, 9 Desember 2019.

Ia menuturkan, kebakaran tersebut juga menghanguskan dua balai pengajian. Sedangkan satu balai pengajian lagi terpaksa dirobohkan guna menghentikan api agar tidak menjalar lebih luas.

Bila ada sumbangan dari swadaya masyarakat atau pemerintah, pihak dayah akan langsung kembali membangun bangunan baru untuk dayah yang lebih dikenal dengan Dayah Syekh Abuya Muda Wali.

Ketua MRI Aceh Selatan – ACT Aceh Muhammad menjelaskan bahwa kedatangan mereka ke sana untuk menyalurkan bantuan berupa sembako, peralatan mandi, dan kitab-kitab untuk meringankan musibah para santri.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Abi H Hidayat Muhibbudin Waly yang membidangi Sekretariat Umum Dayah Darussalam Al-Waliyah.

“MRI – ACT Aceh sampai saat ini terus bergerak menggalang kepedulian masyarakat membantu santri korban kebakaran,” ujarnya.

Ia menambahkan masyarakat dapat membantu meringankan dampak kebakaran bersama Aksi Cepat Tanggap dengan menyalurkan donasinya melalui Bank Aceh Syariah 010 0193 000 9205 dan BNI Syariah 66 00011 008.  Konfirmasi pengiriman donasi dapat melalui nomor telepon 0651-731535 atau WhatsApp 0822 8326 9008. (DRA/ril)

Shares: