News

Sampai ke Darat, 295 Rohingya Turun Sendiri

Cegah Pembusukan, Stok Logistik di Camp Rohingya Dititipkan ke Grosir
Sebanyak 295 Warga Negara Asing (WNA) Rohingya terdampar di pesisir pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe.. Rizkita | popularitas.com

POPULARITAS.COM – Kepala Desa Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Munir mengatakan, setelah mendapat informasi dari nelayan ada Rohingya yang terdampar, langsung ke lokasi untuk memastikannya.

Sampai di lokasi sekitar pukul 00.30 WIB. Seluruh Rohingya sebanyak 295 orang sedang turun sendiri ke darat, sampai di pantai wisata Ujung Blang.

“Saya mendapat informasi dari nelayan sekitar pukul 23.30, bahwa mereka sudah terdampar di ke desa kami, setelah saya ke lokasi ternyata mereka sedang turun sendiri dari kapal,” kata Blang Munir, Senin (7/9/2020).

Kata Munir, pertama kali nelayan yang menyampaikan, ada satu unit kapal yang mengangkut Rohingya itu melihat sedang turun dari kapak ke darat.

Lalu mereka menurunkan sendiri barang-barangnya dari kapal itu. Saat itu mereka langsung bertebaran, karena belum ada petugas yang mengkoordinir kedatangan mereka.

“Setahu saya satu kapal itu, setelah mereka turun kan bertebaran, agar mereka tidak bertebaran kita inisiatif mengumpulakan di bawah pondok di pinggir pantai itu,” jelas Munir.

Sementara itu, Ketua PMI Lhokseumawe Junidi Yahya mengatakan, ada beberapa dari mereka sedang kurang sehat, namun sudah ditangani tim medis.

“Mereka tidak ada yang diantar ke darat, boat yang mengangkut WNA itu terbawa ombak karena air laut juga lagi pasang, dan mereka langsung turun sendiri, lalu masyarakat melaporkan ke polisi, terkait kondisi kesehatan tidak ada yang parah mengkin lemas karena terombang ambing di laut,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya sebanyak 295 Rohingya kembali terdampar di pesisir objek wisata Pantai Ujung, Minggu (6/9/2020) sekitar pukul 23.30 WIB. Terdiri dari 181 wanita, 100 orang laki-laki dan 14 anak- anak.

Pantauan popularitas.com di lokasi hingga pukul 09.40 WIB, Senin (7/9/2020) Rohingya tersebut masih di pantai Ujong Blang dan terlihat mereka sudah dalam pengawalan tim gabungan.[]

Reporter: Rizkita
Editor: Acal

 

Shares: