News

Sabtu, Hujan Lebat Berpotensi Kembali Mengguyur Aceh

Hujan lebat berpotensi terjadi disebagian wilayah Aceh
Ilustrasi hujan (popularitas/Dani)

POPULARITAS.COM – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini akan potensi hujan sedang hingga lebat di sebagian wilayah Indonesia pada Sabtu.

Adapun potensi hujan tersebut diprediksi di sebagian besar provinsi di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Potensi terjadi hujan lebat dan angin kencang disertai guntur terjadi di Provinsi Aceh, wilayah Aceh Jaya, dan sekitarnya. BMKG mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat di wilayah tersebut waspada terhadap dampak banjir.

Sementara di Provinsi Bali, masyarakat diminta waspada akan potensi hujan disertai petir dan angin kencang, serta tinggi gelombang laut yang dapat mencapai 2 meter di Selat Bali bagian selatan, Selat Badung, Selat Lombok bagian selatanz dan Samudra Hindia Selatan Bali.

Selanjutnya hujan sedang hingga lebat di Pulau Sumatera berpotensi terjadi di Provinsi Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Lampung, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara.

Kemudian berpotensi hujan sedang hingga lebat di Banten, DKI Jakarta Jawa Barat, Jawa Timur, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Papua.

Selanjutnya berpotensi terjadi di Gorontalo Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Selain itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan peningkatan suhu udara dan penurunan curah hujan yang dapat memicu potensi mudahnya kebakaran hutan atau lahan di Kalimantan Barat. (ant)

Shares: