News

Sabang Tunggu Izin Pusat Untuk Buka Kedatangan Kapal Pesiar

Wisatawan Mancanegara Dilarang Masuk Sabang
Kapal Pesiar Ms. Seabourn Ovation sandar di Sabang. (popularitas/ist)

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kota Sabang menyatakan masih menunggu izin dari pemerintah pusat untuk membuka kembali wilayah pulau paling barat Indonesia itu untuk kembali menjadi tempat bersandar kapal pesiar.

“Terkait kapal pesiar yang masuk ke Sabang, kita mengacu pada SOP (standar operasional prosedur) pemerintah pusat, kalau pusat izinkan maka kita buka,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemko Sabang Kamaruddin seperti dilansir laman Antara, Sabtu (20/3/2021).

Ia menjelaskan kini penanggulangan COVID-19 harus juga mempertimbangkan pemulihan ekonomi masyarakat. Saat awal pandemi, Pemko sempat memperketat setiap orang yang masuk ke Sabang guna mengantisipasi lonjakan kasus virus corona.

Kata dia mulai dari memberlakukan syarat wajib memiliki surat kesehatan bebas COVID-19 bagi setiap orang yang ingin ke Sabang, hingga melarang sementara waktu kapal pesiar bersandar di daerah Pulau Weh itu.

Saat ini, dia memastikan bahwa Sabang tempat yang aman untuk dikunjungi wisatawan. Bahkan untuk jalur darat, sejak November 2020 Pemko telah mengizinkan wisatawan berkunjung ke Sabang, baik lokal maupun mancanegara tanpa persyaratan apapun.

“Kita sudah tidak tutup lagi baik untuk turis lokal maupun turis asing, tetapi yang penting mereka ikuti pencegahan COVD, protokol kesehatan dan segala macam,” katanya.

Oleh sebab itu, dia juga berharap agar Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan bebas Sabang (BPKS) yang secara teknis menangani setiap kedatangan kapal pesiar agar berupaya ke Pemerintah Aceh, Satgas COVID-19 hingga pusat sehingga Sabang dapat kembali dibuka untuk persandaran kapal pesiar.

“Tentu mereka (kapal pesiar) juga mengikuti prokes yang sangat ketat. Maka kalau patuh dan disiplin (prokes) silahkan datang ke Sabang. Dengan demikian pertumbuhan ekonomi akan berangsur meningkat,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPKS Isknadar Zulkarnain mengatakan direncanakan terdapat belasan kapal pesiar yang akan menyambangi Pulau Weh Sabang selama 2021. Namun pihaknya masih harus berkoordinasi dengan Pemko Sabang terkait dengan regulasi izin masuk mengingat di tengah COVID-19.

“Rencananya kan untuk tahun ini ada 12 sampai 14 kapal pesiar, tapi kalau izin masuk atau tidak ke Sabang itu tergantung dari surat dari walikota,” katanya.

Shares: