HeadlineNews

Sabang Dapat Tambahan Kekuatan Militer Berupa KAL Iboih

Sabang Dapat Tambahan Kekuatan Militer Berupa KAL Iboih

SABANG (popularitas.com) – Pangkalan TNI Angkatan Laut Sabang mendapat tambahan kekuatan militer baru berupa kapal angkatan laut (KAL) atau diberi nama KAL Iboih, yang akan menjaga kawasan perairan laut wilayah Pulau Weh.

Sekretaris Daerah Kota Sabang, Drs. Zakaria MM menyambut langsung kedatangan KAL Iboih tersebut bersama unsur Forkopimda Kota Sabang sekaligus mengucapkan
selamat datang kepada seluruh personil dan awak kapal KAL Iboih.

“Selamat datang KAL Iboih di wilayah Kota Sabang, semoga kita bisa bersama-sama menjaga wilayah paling barat Indonesia ini,” katanya, Sabtu (13/6/2020).

Sekda menyebutkan KAL Iboih nantinya diharapkan mampu menjaga perdamaian perairan wilayah Pulau Weh, serta memperkuat kekuatan militer laut di Kota Sabang dan Provinsi Aceh secara menyeluruh.

“Kedatangan KAL Iboih ini kita harapkan mampu menjaga perdamaian wilayah perairan kita di Sabang, sekaligus dapat memperkuat kekuatan militer di Aceh dan Sabang khususnya,” ujarnya.

Sementara itu, Komandan Lanal Sabang, Kolonel Laut Agus Darmawan SE M.Tr. Hanla juga mengatakan bahwa KAL Iboih akan menjadi armada yang akan menjaga laut wilayah Aceh, khususnya di Kota Sabang.

“Kapal KAL Iboih ini nantinya akan kita fungsikan untuk menjaga laut wilayah kita, untuk mendeteksi jika ada mafia-mafia yang berkeliaran di perairan Sabang dan Aceh secara keseluruhan,” ujarnya.

Danlanal juga menjelaskan bahwa KAL Iboih dilengkapi dengan tiga pucuk senjata, yaitu satu pucuk senjata kaliber 20 milimeter dan dua pucuk senjata 12,7 milimeter.

Menurutnya, nama kapal KAL Iboih itu diambil dari nama salah satu gampong atau desa yang ada di Kota Sabang, yakni Gampong Iboih, yang mana pantainya menjadi salah satu pantai terbaik di Kota Sabang.[adv]

Shares: