News

Rusunawa Disiapkan Untuk Isolasi Pengungsi Rohingya yang Reaktif Covid

Sebanyak 296 WNA Rohingya yang terdampar di pesisir pantai Ujong Blang, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhoksueumawe dilakukan rapid test. (Popularitas.com /Rizkita)

POPULARITAS.COM – Tim Gugus Covid-19 Kota Lhokseumawe, melakukan uji tes cepat corona melalui rapid test terhadap 296 WNA Rohingya, yang telah dievakuasi ke Balai Latihan Kerja (BLK) Dasa Mee, Kandang, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe.

Amatan Popularitas.com di lokasi, WNA Rohingya tersebut diarahkan untuk mengikuti protokol kesehatan Covid 19, seperti memakai mesker, cuci tangan serta satu per satu kondisi kesehatan dengan cara mengambil sampel darah untuk menentukan hasil dari rapid test.

“Sehubungan dengan protokol kesehatan , pengungsi yang sampai tadi malam kita lakukan rapid test, sekurang – kurangnya kalo ada screening awal terhadap mereka dalam rangka pencegahan penyebaran covid 19, apalagi di Lhokseumawe juga memang saat ini lagi ada kasus,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhoksuemawe, dr Said Alam, Senin (7/9/2020).

Lanjutnya, untuk hari ini rapid test yang sudah dipersiapkan untuk 296 orang, pelaksaan ini juga bekerja sama dengan IOM dan pihak rumah sakit Kesrem. Kata dia pemeriksa ini segera selesai agar dapat diketahui apakah hasilnya reaktif atau nonreaktif.

“Semoga hasilnya nonreaktif, agar memudahkan dalam penanganan Rohinya ini dari segi kesehatannya, hasinya nanti akan keluar malam ini atau besok pagi, mungkin bisa jadi sedikit terlambat sebab angka Rohingya lumayan banyak yaitu 296 orang,” kata Said.

Kata Said, jika diantara mereka ada yang reaktif maka akan di evakuasi atau diisolasi ke Rusunnawa Lhokseumawe, dan selanjutnya akan di lakukan swap PCR.

Editor: dani

Reporter : Rizkita

Shares: