News

Rumoh Aceh di Bireuen Terbakar

BANDA ACEH (popularitas.com) – Satu unit rumah berkonstruksi kayu atau Rumoh Aceh di Desa Glumpang Bungkok, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen terbakar pada Senin, 27 Januari 2020 malam.

Ketua Pengendali Posko Taruna Siaga Bencana (Tagana) Bireuen, Zulfikar mengatakan, Rumoh Aceh yang terbakar tersebut merupakan milik Teuku Busdansyah (47). Namun, saat ini rumah tersebut ditempati oleh keponakannya Sukran (30).

“Rumah tersebut ditempati oleh keponakan pemilik, Sukran. Bangunannya habis terbakar beserta isinya,” kata Zulfikar dalam keterangannya, Selasa, 28 Januari 2020.

Zulfikar menjelaskan, saat terjadi kebakaran, keponakan Teuku Busdansyah sedang tidak berada di rumah. Tak ada saksi mata yang melihat dari mana awalnya api tersebut muncul.

“Tidak diketahui sumber api dari mana, seketika api langsung membesar karena kontruksi rumah kayu atau Rumoh Aceh,” ujar Zulfikar.

Kata Zulfikar, setelah melihat api mulai membesar, warga langsung menghubungi pemadam kebakaran. Beberapa saat kemudian, tiga unit armada tiba ke lokasi kejadian dan melakukan pemadaman.

“Pemadaman dilakukan oleh pemadam Pos Simpang Mamplam Bireuen yang melibatkan tiga unit mobil pemadam,” jelas Zulfikar.* (C-008)

Shares: