News

Rumah Tu Bulqaini terbakar

Rumah Tu Bulqaini terbakar
Rumah Pimpinan Dayah Markaz Al-Ishlah Alziziyah, Tgk Bulqaini atau lebih dikenal Tu Bulqaini Tanjungan yang berada di kawasan Lueng Bata, Kota Banda Aceh, terbakar pada Sabtu (20/8/2022). Foto: Ist

POPULARITAS.COM – Innalilahi wa inna ilaihi rajiun. Rumah Pimpinan Dayah Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah, Tgk Bulqaini atau lebih dikenal Tu Bulqaini Tanjungan yang berada di kawasan Lueng Bata, Kota Banda Aceh, terbakar pada Sabtu (20/8/2022).

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Banda Aceh, Muhammad Hidayat dalam keterangannya, Sabtu (20/8/2022) sore mengatakan, musibah kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 14.14 WIB.

“Informasi yang dihimpun dari saksi Muhammad Edi Ruslan selaku Humas Dayah Markaz Al Ishlah Al Aziziyah mengatakan bahwa Tu Bulqaini sedang berada di Lhokseumawe dalam rangka dakwah tahun baru Islam,” kata Hidayat.

Dia menyampaikan bahwa saksi mengetahui kebakaran tersebut ketika api sudah membesar di salah satu ruangan rumah panggung itu. Selanjutnya saksi menghubungi pemadam kebakaran untuk bantuan pemadaman api.

Berdasarkan informasi kebakaran diterima via telepon darurat pukul 14.14 WIB, Muhammad Hidayat selaku Kepala DPKP Kota Banda Aceh menugaskan petugas piket bergerak mengerahkan 1 unit armada Pos Pango ke lokasi kejadian.

Di saat bersamaan, Hidayat juga menugaskan petugas mengerahkan 4 unit armada pemadam kebakaran posko induk, sehingga total 5 unit armada tiba di lokasi kejadian.

“Sekiranya pukul 15.00 WIB api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan, dan selesai bertugas armada kembali ke pos pukul 15.55 WIB,” katanya.

Hidayat menambahkan, proses pemadaman turut dibantu petugas PLN, Polsek Lueng Bata diback up Polresta Banda Aceh, personel Kodim, Koramil setempat, relawan ERPA dan RAPI dalam pengamanan di lokasi kejadian.

“Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran diduga korsleting listrik namun pengembangan lanjutan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian,” demikian Hidayat.

Shares: