EkonomiNews

Rumah Produksi Sambal Goreng Kentang Hadir di Banda Aceh

Rumah Produksi Sambal Goreng Kentang Hadir di Banda Aceh

POPULARITAS.COM – Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman meresmikan Rumah Produksi Sambal Goreng Kentang yang terletak di Gampong Geuceu Meunara, Kecamatan Jaya Baru, Rabu 20 Januari 2021.

Bangunan permanen berukuran 16 x 15 meter dan berstandar BBPOM itu dibangun dengan metode padat karya oleh warga setempat. Anggaran dananya dari pemerintah pusat (APBN) melalui Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku).

Dalam sambutannya, Wali Kota Aminullah mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR, khususnya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh yang telah memperjuangkan tempat industri yang representatif tersebut.

Menurutnya, Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh yang saat ini dipimpin oleh M Yoza Habibie telah banyak mengubah wajah Banda Aceh. “Bukan hanya rumah produksi ini, juga lewat proyek penataan bantaran Krueng Daroy yang dulunya kumuh, kini menjadi indah dan asri,” jelasnya.

Keberadaan rumah produksi sambal goreng kentang ini, sebut Aminullah, diharapkan bisa mengubah pola pikir para pelaku usaha. “Perlu modal ada Mahirah Muamalah, kini untuk tempat usaha pun sudah ada rumah produksinya. Insya Allah kapasitas dan kualitas produksi pelaku UMKM akan kian meningkat,” katanya.

Selain di Geuceu Meunara, terdapat dua rumah produksi lain yang tengah dibangun, yakni di Gampong Setui dan Lambhuk. Ia pun optimis dunia UMKM Banda Aceh akan semakin menggeliat dan mampu pula mendukung sektor pariwisata.

Pemko Banda Aceh akan terus mendukung dari sisi permodalan dan bantuan peralatan/perlengkapan kerja bagi dunia UMKM, “Sehingga taraf perekonomian masyarakat meningkat dan berkontribusi dalam pengurangan angka kemiskinan dan pengangguran,” katanya lagi.

Kepada keuchik dan perangkat gampong, serta pihak manajemen rumah produksi, wali kota menitip pesan agar mengoptimalkan rumah produksi tersebut.

“Nantinya diharapkan bukan hanya bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, tapi juga bisa berkontribusi bagi pembangunan gampong. Dan insya Allah, pada 2022 kita akan punya sebuah mesin kemasan atau packaging yang modern untuk membantu UMKM ae-Banda Aceh,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Aceh M Yoza Habibie, mengungkapkan keyakinannya jika rumah produksi olahan kentang tersebut akan bermanfaat besar dalam peningkatan ekonomi gampong.

“Kami titipkan kepada Pak Wali dan SKPK terkait agar terus berlanjut dan bersinergi dengan berbagai program lainnya, termasuk memberi pelatihan kepada pelaku usaha,” kata Yoza.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada wali kota atas dukungan penuh yang diberikan untuk pembangunan rumah produksi tersebut. “Dari tiga gampong, di sini yang pertama selesai dan tepat waktu pada Desember 2020 lalu. Rumah produksi ini kita bangun dengan dana Kotaku, dan alhamdulillah Pak Wali membantu lagi Rp 110 juta untuk membeli peralatan dan perlengkapan pendukung di dalamnya,” ungkap Yoza.

Peresmian Rumah Produksi Sambal Goreng Kentang Geuceu Meunara, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh wali kota, dan dilanjutkan dengan pemotongan pita di pintu masuk. Aminullah dan istri Nurmiati AR yang juga Ketua TP-PKK Banda Aceh pun menyempatkan diri untuk meninjau langsung proses pembuatan sambal goreng kentang di rumah produksi tersebut.[ril]

Shares: