News

Rumah Adat Aceh Milik Nek Aminah Ludes Terbakar

POPULARITAS.COM – Sebuah rumah adat Aceh, milik nek Aminah (60) Gampong Ukee, Kecamatan Glumpang Baro, Pidie, ludes terbakar.

Peristiwa yang menghanguskan, hunian nek Aminah oleh si jago merah itu terjadi, Jumat (12/11/2021), sekira pukul 11.45 WIB.

Keuchik Gampong Ukee, Kecamatan Glumpang Baro, Pidie, Pidie, Fauzi menyebutkan, pemicu kebakaran itu diduga akibat korsleting arus listrik di rumah adat Aceh milik nek Aminah.

Hunian nek Aminah yang berkonstruksikan rumah adat Aceh berpadu dengan konstruksi semi permanen itu selama ini dihuni oleh tiga Kepala Keluarga (KK).

“Kini rumah tersebut, sudah hangus terbakar, baik rumah adat Aceh maupun rumah bata di bawahnya juga terbakar,” kata Fauzai.

Kata dia, menurut keterangan saksi mata, api yang membakar rumah nek Aminah itu semula berasal dari atap rumah adat tersebut.

Disebabkan konstruksi rumah Adat Aceh itu adalah kayu, dengan seketika api langsung membesar dan menjalar hingga membakar seluruh bangunan hunian nek Aminah.

“Api baru berhasil dipadamkan sekira pukul 13.10 WIB,” kata Fauzi.

Sementara itu, Camat Glumpang Baro, Pidie, Nauval menyebutkan, dampak yang ditimbulkan akibat peristiwa kebakaran itu, nek Aminah terpaksa kehilangan tempat tinggalnya.

“Uang tunai Rp 7.500.000 juga hangus terbakar akibat peristiwa itu,” kata Nauval.

Total kerugian materil yang diderita nek Aminah bersama keluarga itu akibat kebakaran itu diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

Editor: dani

Shares: