News

Ruang Isolasi Covid-19 Baru di RSUZA Berkapasitas 50 Ranjang

Ruang Isolasi Covid-19 Baru di RSUZA Berkapasitas 50 Ranjang
Sektaris Daerah Aceh dr. Taqwallah, M.Kes bersama Direktur dan Wadir Rsuza kembali meninjau Pendirian tenda darurat dan renovasi Rumah Sakit lama RSUZA yang akan dipergunakan mulai 10 Agustus 2020 untuk penanganan pasien covid 19 minggu, 09/08/20

BANDA ACEH (popularitas.com) – Eskalasi jumlah pasien positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terus meningkat di Aceh. Pemerintah telah menambah ruang isolasi Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging (Pinere) 3 dan Pinere 4, di komplek Rumah Sakit Umun Dr Zainoel Abidin (RSUDZA) lama.

Peresmian penggunaan ruang isolasi pasien Covid-19 tersebut dilaksanakan hari ini Senin (10/8/2020). Ruang Pinere yang baru ini berkapasitas untuk 50 ranjang pasien.

Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah menjelaskan, penambahan ruang ini sebagai bentuk antisipasi, jika peningkatan jumlah pasien terus terjadi.

“Sejak awal virus ini merebak, upaya antisipasi yang dilakukan oleh Pemerintah Aceh selalu di atas trend dr perkiraan kasus yang terjadi. Sesuai instruksi Pak Plt Gubernur, bahwa seluruh aparatur di Pemerintah Aceh harus siap dan terlibat aktif dalam upaya pencegahan Covid-19. Dan, Insya Allah kita sangat siap. Besok, ruang Pinere 3 dan 4 akan diresmikan,” kata Sekda, Minggu (9/8/2020).

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Aceh ini menambahkan, dengan diresmikannya ruang Pinere 3 dan 4 ini, maka RSUDZA akan memiliki penambahan sebanyak 50 tempat tidur.

“Ruang Pinere 3 berkapasitas 26 tempat tidur dan Pinere 4 berkapasitas 24 tempat tidur. Jadi, total akan ada penambahan 50 tempat tidur rawatan bagi pasien Covid-19,” sambung Sekda.

Selain Pinere 3 dan 4, sambung Taqwallah, saat ini Pemerintah Aceh juga sedang mempersiapkan ruang Pinere 5 dan 6, juga di RSUDZA lama.

“Ruang Pinere 5 dan 6 saat ini sedang dalam tahap penyelesaian. Insya Allah, dalam waktu dekat sudah bisa diresmikan dan siap digunakan. Jika Pinere 5 dan 6 selesai, maka akan ada tambahan tempat perawatan pasien Covid-19. Nantinya, Pinere 5 akan memiliki kapasitas sebanyak 40 tempat tidur dan Pinere 6 sebanyak 30 tempat tidur,” kata Taqwallah.

Dalam kesempatan tersebut dia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada jajaran Kodam Iskandar Muda dan Polda Aceh serta Satpol PPWH Aceh yang telah secara bersama-sama membersihkan dua ruangan di RSUDZA lama.

“Ruang Pinere 3 dan 4 adalah ruang yang dibersihkan beberapa waktu lalu. Oleh karena itu, kami menyampaikan apresiasi kepada semua pihak, untuk turut membantu membenahi dua ruangan lama di RSUDZA. Alhamdulillah, besok ruangan tersebut sudah siap menerima pasien,” kata Taqwallah.

Sekda kembali mengingatkan semua pihak dan seluruh masyarakat Aceh untuk secara bersama-sama terlibat aktif dalam upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19 di Bumi Serambi Mekah, dengan selalu mematuhi protokol kesehatan dalam aktifitas sehari-hari.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, sebutnya, Pemerintah telah menerbitkan berbagai kebijakan. Mari secara bersama-sama turut terlibat dalam upaya ini. Kepada semua pihak, kepada seluruh masyarakat, tanpa bosan dan tanpa henti menghimbau agar patuh terhadap protokol kesehatan cegah Covid-19.

“Kami akan terus mensosialisasikan pentingnya mendisiplinkan diri dalam menerapkan protokol kesehatan. Siapa saja bisa terinfeksi, mari bersama kita cegah Covid-19 ini dengan selalu menjaga jarak, mengenakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun serta memperkuat imun tubuh dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat bergizi seimbang,” pungkas Taqwallah. [acl]

Shares: