News

RSUCM Aceh Utara Kewalahan Tes Swab Pasien Covid-19, Ini Kendalanya

POPULARITAS.COM – Kepala Bagian Tata Usaha dan Humas, RSUCM Aceh Utara, Jalaluddin mengatakan, pihaknya sudah dua bulan cartridge swab test mengalami kekosongan.

Hingga saat ini, untuk mengatasi kekosongan itu, rumah sakit terpaksa memeriksa sampel pasien ke rumah sakit RS Kesrem Lhokseumawe, dan membutuhkan waktu setengah hari untuk mengetahui hasil swab pasien.

“Kita masih bekerjasama dengan rumah sakit RS Kesrem, kendalanya saat ini, biasanya hasil swab pesien diketahui hanya betuh waktu tiga jam namun dibutuhkan waktu selama enam jam,” kata Jalaluddin kepada Popularitas.com Kamis (8/7/2021).

Katanya, apabila stok cartridge swab tes kosong seperti saat ini, dan terjadi peningkatan jumlah pasien meningkat maka manajemen rumah sedikit kewalahan.

“Rumah sakit kita ini kan rumah sakit rujukan Covid-19, jadi walaupun mengalami situasi seperti ini tetap kita upayakan yang terbaik untuk pasien, walapun sedikit terkendala dengan waktu,” ujar Jalal.

Dia menyebutkan, kekosongan itu sudah berulang kali diberitahu ke pihak terkait. Namun hingga saat ini belum ada jawaban. Sembari menunggu cartridge swab pihak rumah sakit terus bekerjasama dengan RS Kesrem untuk kelancaran cartridge swab bagi pasien.

“Kita hanya bisa menyurati dan menunggu saja. Padahal rumah sakit selalu ada penambahan pasien tapi mau gimana lagi kita tunggu aja,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: