News

RSUCM Aceh Utara Kehabisan Cartridge Swab Covid-19

RSUD Cut Meutia Kabupaten Aceh Utara. (Dok. RSUCM)

POPULARITAS.COM – Stok cartridge swab test di Rumah Sakit Umum Cut Meutia (RSUCM) Aceh Utara habis. Sehingga RS setempat harus bekerjasama dengan RS Kesrem Lhokseumawe, untuk memeriksa sampel pasien.

Kehabisan stok cartridge swab test itu disebabkan jumlah pasien Covid-19 mengalami peningkatan selama dua pekan terakhir. Akibatnya membuat manajemen rumah sakit kewalahan untuk menangani pasien.

“Apalagi RS ini salah satu rumah sakit rujukan pemerintah di kabupaten /kota di Aceh,” kata Kepala Bagian Tata Usaha dan Humas, RSUCM Aceh Utara, Jalaluddin , Kamis (3/6/2021).

Baca: Kasus Meningkat, Stok Reagen PCR di RSUZA Mulai Terbatas

Dia menyebutkan, untuk menangani kekosongan itu, sementara waktu manajemen rumah sakit RSUCM Aceh Utara bekerjasama dengan RS Kesrem untuk kelancaran cartridge swab bagi pasien.

“Sebenarnya ini memakan waktu, setelah diambil sampel di sini, sampel itu kita bawa ke RS Kesrem, dan membutuhkan waktu berjam jam kita menunggu, tidak secepat seperti biasanya,” jelas Jalaluddin.

Sejauh ini pihaknya sudah melaporkan kekosongan cartridge swab test ini ke gugus tugas Covid-19, namun hingga kini masih menunggu kabar lanjutannya.

“Dari pihak rumah sakit sudah kita sampaikan ke gugus, jadi kita hanya menunggu,” pungkasnya.

Editor: dani

Shares: