Ribuan warga terdampak banjir di Aceh Tenggara

POPULARITAS.COM – Sebanyak 2.267 jiwa terdampak banjir yang terjadi di Kabupaten Aceh Tenggara. Ini merupakan jumlah sementara yang dirilis Pusdatin Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Rabu (5/1/2022).

“2.267 jiwa itu terdata dari 12 desa, sementara desa-desa lainnya masih dalam pendataan,” kata Kepala Pelaksana BPBA, Ilyas dalam keterangannya.

Ilyas menyebutkan, banjir yang terjadi di Aceh Tenggara pada Selasa (4/1/2022) malam, menyebabkan 20 desa di 5 kecamatan terendam. Banjir terjadi akibat curah hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Aceh Tenggara.

“Curah hujan yang tinggi mengakibatkan meluapnya air Sungai Lawe Kinga, sehingga banjir menggenangi pemukiman penduduk,” terang Ilyas.

Adapun 20 desa yang terdampak adalah Desa Pinding, Kuning I, Lawe Hijo Ampera di Kecamatan Bambel. Lalu, Desa Kuta Lesung, Teger Miko, Buah Pala, Kisam Lestari di Kecamatan Lawe Sumur.

Selanjutnya, tambah Ilyas, Desa Lawe Kinga, Lawe Kulok, Tenembak Juhar, Kandang Mbelang, Kandang Mbelang Bencawan di Kecamatan Lawe Bulan. Kemudian, Desa Maha Singkil, Kuta Lingga, Dalul Imami, Tenembak Bintang, Kuta Great dan Gumpang di Kecamatan Bukit Tusam.

“Lalu di Kecamatan Semadam terdampak pada dua desa; Desa Lawe Kinga Lapter dan Lawe Kinga Gabungan,” katanya.

Ilyas menambahkan, 2.267 jiwa yang terdampak itu tersebar dalam 12 desa di Kecamatan Bambel, Lawe Sumur, Lawe Bulan, Bukit Tusam dan Semadam. BPBD Aceh Tenggara saat ini sedang melakukan pendataan terhadap desa-desa lainnya.

“Pengungsi juga masih dalam pendataan,” ungkap Ilyas.

Comments
Loading...