Ribuan warga Aceh Utara alami gangguan jiwa

Bertambah 47 kasus pada 2021

POPULARITAS.COM – Kasus Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Aceh Utara mengalami peningkatan sebanyak 47 kasus pada 2021. Secara akumulasi, kasus ODGJ di kabupaten itu kini mencapai 2.561 jiwa.

“Untuk jumlah kasus ODGJ ada peningkatan, tahun lalu (2020) 2.514 orang, tahun 2021 menjadi 2.561 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Utara, Amir Syarifuddin kepada Popularitas.com, Selasa (22/2/2022).

Baca: Diduga depresi, wanita paruh baya panjat tiang listrik di Aceh Utara

Amir menyebutkan, dari jumlah tersebut mereka mengalami berbagai jenis gangguan seperti gangguan mental emosional dan depresi yang berkepanjangan, hal itu juga terpicu meningkat menjadi golongan gangguan jiwa.

“Dari kasus ini kita belum bisa memastikan penyebab narkoba dan lain-lain karena setiap kasus ini kan berbeda-beda gitu. Kita juga tidak fokus penyebab, namun (fokus) penanganannya gitu,” sebutnya.

Amir menjelaskan, 2.561 ODGJ tersebut tidak semua dalam perawatan. Sebab, mereka terbagi ke dalam beberapa kategori, seperti kategori mandiri, bantuan, dan tergantung.

“Tergantung ini artinya segala aktivitasnya bergantung dengan orang lain dan termasuk ODGJ berat itu jumlahnya mencapai 241 jiwa, jumlah paling banyak itu ODGJ kategori mandiri sebanyak 1.445 orang,” pungkasnya.

Baca: Pria di Aceh Utara diamankan usai umumkan diri sebagai Imam Mahdi

Comments
Loading...