Review iPhone 13 : Miliki keunggulan pada fitur fotografi dan sinematografi

POPULARITAS.COM – Apple secara resmi mengumumkan seri produk terbarunya, iPhone 13 secara virtual dalam acara “Apple Event California Streaming” pada tanggal 14 September 2021 lalu dengan memperkenalkan empat model sekaligus yaitu iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max. 

Masing-masing perangkat tersebut menawarkan spesifikasi dan keunggulan yang menjanjikan bagi para penggemar produk Apple terutama pada fitur kameranya yang memberikan keleluasaan lebih khususnya bagi mereka yang ingin menciptakan konten foto maupun video secara cepat dan berkualitas tinggi. 

Fitur Fotografi dan Sinematografi Terbaru

Fitur fotografi paling menonjol bisa kita temukan pada iPhone 13 Pro dan Pro Max. Terdapat tiga kamera sekaligus yang tersemat pada kedua jenis iPhone tersebut. Dua jenis kamera utama yang ditanam diantaranya adalah kamera wide 12MP (f/1.5) dan ultrawide 12MP (f/1.8, kini telah dilengkapi dengan autofocus) dan disertai ukuran piksel 1,9 µm yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran piksel pada iPhone 13 dan 13 mini yaitu 1,7µm. Tingkat piksel yang lebih tinggi memungkinkan dua tipe iPhone tersebut dapat menerima lebih banyak cahaya sehingga lebih peka saat pengambilan gambar dalam kondisi low light.  

Perbedaan utama jenis kamera pada iPhone 13 Pro dan Pro Max ini terletak pada penyematan kamera telephoto 12 MP (focal length 77mm, 3x optical zoom) yang cukup membuat tampilan bagian belakangnya menarik perhatian banyak penggemarnya. Tak cukup sampai di situ, Apple juga menanamkan kemampuan kamera makro untuk pemotretan dengan kedekatan hingga 2 cm dari objek. 

iPhone 13 secara keseluruhan juga terdapat kemampuan sensor shift optical image stabilization yang diklaim oleh Apple belum pernah ada di perangkat merek lainnya yang berfungsi untuk menjaga kestabilan sensor kamera pada saat pengambilan gambar maupun video.

Para penikmat fotografi dan sinematografi juga didukung penuh melalui ketersediaan fitur terbarunya yaitu Cinematic Mode, yang dapat membuat video layaknya sinematografer andal. Pada saat cinematic mode diaktifkan secara otomatis, maka fitur tersebut akan menentukan titik fokusnya yang memunculkan perpindahan secara halus dari objek utama dan objek lainnya serta munculnya artificial blur pada bagian yang bukan menjadi titik fokus seperti seakan menggunakan kamera profesional.

Ukuran layar dan warna 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Apple selalu memberikan ragam pilihan warna handphone yang menarik perhatian, lima pilihan warna seperti merah, silver (starlight), hitam (midnight), biru, dan pink untuk iPhone 13 mini dan iPhone 13. Sementara untuk iPhone 13 Pro dan Pro Max memilki pilihan warna graphite, emas, silver, dan sierra blue.

Dari sisi layar, Apple memberikan sentuhan Super Retina XDR Display untuk iPhone 13 mini dengan ukuran layar 5,4 inci dan iPhone 13 dengan layar 6,1 inci. Sedangkan pada iPhone 13 Pro yang berlayar 6,1 inci dan Pro Max 6,7 inci dilengkapi dengan fitur ProMotion Display berfungsi untuk mengatur refresh rate mulai dari 10 Hz hingga 120 Hz secara dinamis sesuai konten yang ditampilkan di layar sehingga membuat tampilan gambar lebih tajam untuk tampilan visual dalam menonton film, video, hingga bermain game. 

iPhone 13 juga digadang-gadang memiliki performa yang lebih kencang secara keseluruhan karena telah dibekali dengan chipset tercanggih Apple A15 Bionic yang memberikan dorongan terhadap kinerja CPU dan GPU serta dilengkapi dengan konektivitas 5G, dan tampilan notch – poni hitam bagian depan handphone – yang lebih kecil dibandingkan generasi sebelumnya.

Peningkatan Pada Daya Tahan Baterai

Salah satu yang ramai menjadi perbincangan publik adalah seri iPhone 13 diperkirakan memiliki tampilan lebih tebal karena memiliki kapasitas baterai (watt hours) yang jauh lebih besar dengan peningkatan hingga mencapai 18.5% dibandingkan generasi sebelumnya. 

Dengan kapasitas baterai yang semakin besar, daya performa baterai iPhone 13 mini (2.438 mAh) dan iPhone 13 Pro (3.125 mAh) memiliki ketahanan baterai 1,5 jam lebih lama sedangkan iPhone 13 (3.240 mAh) dan iPhone 13 Pro Max (4.373 mAh) memiliki daya tahan baterai 2,5 jam lebih lama dari generasi sebelumnya pada seri yang sama.

Kapasitas Penyimpanan Hingga 1TB

Apple juga turut memperhatikan kebutuhan para pengguna setianya dari sisi kapasitas memori bagi seluruh seri iPhone 13 mulai dari yang paling terkecil ditawarkan yaitu 128 GB hingga kapasitas memori tertinggi sebesar 1 TB yang tersedia di iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Penambahan kapasitas penyimpanan tersebut didasari oleh pertimbangan peningkatan kualitas hasil dari gambar dan video iPhone 13 yang semakin baik dan tentunya hal itu dapat menambah ukuran dari masing-masing file foto maupun video yang telah diambil sehingga diharapkan kapasitas yang tersedia kali ini dapat memudahkan para penggunanya pada saat penyimpanan foto dan video.

Kapan iPhone 13 Masuk ke Indonesia?

Sayangnya hingga saat ini belum ada keterangan resmi terkait penjualan iPhone 13 di Indonesia. Namun, jika melihat pada penjualan iPhone 12 pada tahun lalu, Indonesia baru membuka penjualan resminya setelah dua bulan berselang sejak peluncuran produk. 

Di Amerika Serikat sendiri dan beberapa negara lainnya seperti Singapura telah resmi melakukan penjualan kepada pemesan pre-order pada 17 September 2021 lalu dan pengiriman dilakukan mulai tanggal 24 September 2021 dengan harga dibanderol mulai dari Rp9,9 juta hingga harga tertinggi yaitu Rp22,8 juta bergantung pada masing-masing tipe dan kapasitas memori. (MAWAR ASTARI)

 

Editor : Hendro Saky

Comments
Loading...