Resmi dibuka, Festival Pesona Barat Selatan berlangsung meriah

POPULARITAS.COM – Festival Pesona Barat Selatan 2022 resmi dibuka oleh Bupati Aceh Selatan di Lapangan Naga, Kota Tapaktuan, Senin (29/8/2022).

Pembukaan event ini berlangsung semarak dengan penampilan tarian kolosal “Kemilau Rantak Puan Cerana” yang dibawakan oleh 50 siswa SMP dan SMA terbaik di Aceh Selatan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya bekerja sama dengan delapan kabupaten/kota dalam wilayah barat selatan (Barsela) menggelar event ini untuk memperkenalkan potensi wisata, budaya, dan ekonomi kreatif dari masing-masing daerah.

Adapun kedelapan daerah di wilayah Barsela ini meliputi Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Subulussalam, Aceh Singkil dan Simeulue.

“Kita tahu di sini (Barsela) banyak sekali potensi untuk mengundang wisatawan. Karena itu, dengan adanya festival ini kita harapkan pemerintahan maupun masyarakat di delapan daerah dalam wilayah barat selatan Aceh semakin serius dalam menciptakan serta mempromosikan objek wisata maupun produk ekonomi kreatif,” ujar Almuniza.

Almuniza menambahkan, Festival Pesona Barat Selatan merupakan salah satu event unggulan pariwisata Aceh yang masuk dalam kalender event Khazanah Piasan Nanggroe atau CoE Aceh 2022.

“Festival ini menggambarkan betapa besarnya potensi seni budaya dan wisata di Barsela, dengan harapan dapat membangkitkan sektor ekonomi baru dan UMKM di barat selatan Aceh,” imbuhnya.

Dia juga mengharapkan Festival Pesona Barat Selatan dapat terus berjalan tiap tahun di daerah Barsela lainnya. Katanya, bagi kabupaten/kota yang ingin jadi tuan rumah harus jemput bola.

Kadisbudpar Aceh juga berharap para generasi milenial di wilayah Barsela Aceh untuk tergerak memajukan daerahnya hingga dikenal di mata dunia.

“Yuk para milenial Barsela, jaga lingkungan dan budayanya, majukan pariwisatanya, kenalkan Barsela sampai mancanegara,” pinta Almuniza Kamal.

Simbol Sinergisitas Barsela

Pembukaan Festival Pesona Barat Selatan ditandai dengan penabuhan rapai oleh Bupati Aceh Selatan, Kadisbudpar Aceh, kepala daerah/perwakilan masing-masing kabupaten/kota, Sekdakab dan unsur Forkopimda Aceh Selatan.

Tgk Amran mengaku bangga dan berterima kasih kepada Disbudpar Aceh atas kepercayaannya memilih Aceh Selatan sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Pesona Barat Selatan 2022.

“Festival ini jadi agenda penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata di daerah Barsela. Sektor pariwisata tidak akan maju tanpa dukungan Forkopimda dan masyarakat,” ujarnya.

Ia menilai, Festival Pesona Barat Selatan menjadi ajang silaturahmi dan kolaborasi antar delapan daerah yang terlibat untuk memajukan perekonomian wilayah Barsela Aceh.

“Festival ini menjadi simbol sinergisitas bagi kita pemerintahan maupun masyarakat di delapan kabupaten/kota Barsela untuk saling dukung memajukan daerah kita, terutama dari sektor budaya dan pariwisata. Kita harus bangkit lebih kuat dan lebih cepat setelah dilanda pandemi melalui kegiatan seperti ini,” kata Tgk Amran.

Dia berharap masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan Festival Pesona Barat Selatan ini untuk saling mengenal dan mempromosikan potensi dari daerah masing-masing.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan memajukan ekonomi Barsela,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRA Safaruddin mengatakan, legislatif Aceh sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat memajukan daerah, seperti Festival Pesona Barat Selatan yang bertujuan mendongkrak perekonomian daerah-daerah yang masuk dalam wilayah Barsela.

“Dengan digelarnya festival ini oleh Disbudpar Aceh, kita berharap objek wisata di wilayah barat selatan Aceh tidak hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga dapat membangkitkan ekonomi rakyat,” tuturnya.

Menurut Sekdakab Aceh Selatan, Tjut Syazalisma, pelaksanaan Festival Pesona Barat Selatan 2022 menjawab persoalan di daerah-daerah Barsela.

Dengan adanya festival ini, kata dia, Pemkab Aceh Selatan dapat terus berbenah untuk memperbaiki aksesibilitas, amenitas, dan atraksi wisata di daerah berjuluk “Negeri Pala” itu.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Aceh dan DPRA yang telah menginisiasi dan melaksankan festival ini di Aceh Selatan, semoga memberikan impact (dampak) yang luas bagi masyarakat Barsela,” ujarnya.

Sebagai informasi, Festival Pesona Barat Selatan dilaksanakan dari 29-31 Agustus 2022 di Lapangan Naga, Kota Tapaktuan, Aceh Selatan. Para pengunjung diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE.

Acara ini menghadirkan serangkaian kegiatan seperti fun walk, tarian massal, pentas seni budaya, pameran ekonomi kreatif, lomba rapai geleng, lomba permainan rakyat, lomba mewarnai, hingga lomba follow the line Alquran.

Tak hanya itu, Festival Pesona Barat Selatan juga dimeriahkan dengan penampilan artis nasional seperti Rury Repvblik dan Wahyu Selow, serta Rialdoni, Safira Amalia, dan Semuka Band dari Aceh.

Comments
Loading...