HeadlineNews

Rektor Unsyiah: Ada Pihak Bekingi Demo Tambang Emas PT EMM

Penjelasan Rektor USK terkait dengan pembongkaran rumah dinas dosen
Rektor USK, Prof Samsul Rizal

BANDA ACEH (popularitas.com) – Rektor Unsyiah, Prof Samsul Rizal, mensinyalir, ada pihak tertentu yang membekingi aksi demo tolak tambang emas beberapa pekan lalu. Dia bahkan mengaku memiliki sejumlah bukti dan informasi yang mensponsori kegiatan tersebut.

“Saya punya bukti dan informasi tentang hal ini,” kata Rektor di Banda Aceh, Kamis, 18 April 2019.

Dia menilai apa yang disuarakan oleh pendemo sangat subjektif. Seperti pertambangan liar yang selama ini marak terjadi, justru tidak pernah menjadi perhatian mahasiswa. Padahal dampak lingkungan akibat penambangan liar di Aceh dan penggunaan merkuri sangat besar dalam kurun waktu terakhir. Menurutnya, ini terlihat dari hasil studi yang dilakukan kampus, bahwa ada dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat dari penambangan liar tersebut.

Semestinya, jika alasan penolakan didasarkan sebab kekhawatiran munculnya dampak kerusakan lingkungan, tentu mahasiswa juga harus punya sikap yang sama menolak tambang liar. “Tapi inikan tidak, tambang liar tidak disorot, tapi penambangan profesional malah didemo,” katanya.

Rektor juga mengingatkan, sumber daya alam merupakan anugerah Allah yang terkandung di perut bumi yang mesti dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Dia berharap masyarakat Aceh tidak kufur nikmat karena tidak mau memanfaatkan kekayaan alam yang dimiliki.

Sementara terkait kekhawatiran akan muncul dampak lingkungan, Rektor Unsyiah mengatakan, “itu tugas kita bersama untuk meminimalkan dampak. Sebab yang paling penting adalah bagaimana kesejahteraan dan perekonomian Aceh ini bisa bangkit.” (SKY)

Shares: