News

Rekrutmen PPPK Pemkab Pidie Terkendala Sumber Dana Untuk Gaji

Ilustrasi tes cpns.

POPULARITAS.COM – Pemerintah Kabupaten Pidie, mengakui hingga kini belum mengetahui sumber dana untuk pembayaran gaji Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), meski rekrutmennya sendiri sedang berlangsung di tahun ini.

Pasalnya, awalnya sumber anggaran pembayaran untuk gaji terhadap PPPK yang akan direkrut tahun 2021, bersumber dari APBN.Namun, dalam perjalanannya keluar regulasi yang mengatur sumber anggaran untuk gaji PPPK tersebut, tidak lagi dari APBN, melainkan di bebankan ke APBK.

Hal itu disampaikan oleh Sekretaris daerah (Sekda) Pidie, Idhami, Senin (5/7/2021). Bukan hanya itu, Sekda Idhami juga menjelaskan, dalam Dana Alokasi Umum (DAU) tahum 2021, juga tidak lagi tercantum gaji PPPK.

Praktis, kejadian tersebut membuat Pemerintah Kabupaten Pidie, merasa kelabakan, jika gaji PPPK dibebankan APBK. Di Kabupaten Pidie sendiri kouta rekrutmen PPPK tahun 2021 yang diberikan berjumlah 683 orang.

“Kalau dibebankan (gaji PPPK) dalam APBK, kita tidak sanggup dan DAU (Dana Alokasi Umum) tidak lagi tercantum pos gaji PPPK,” kata Idhami.

Meski begitu, rekrutmen PPPK tahun 2021 tetap akan berjalan sebagaimana jadwal yang ditetapkan nasional. Hanya saja Pemerintah Kabupaten Pidie tetap melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah pusat guna mencari jalan keluar sumber anggaran gaji tenaga pendidik dengan perjanjian kerja itu.

“Untuk tahapan seleksi dilakukan seperti biasa, cuma nanti untuk pelantikan akan ditunda atau bagaimana nanti hasil komunikasi dengan pemerintah pusat,” jelasnya.

Editor: dani

Shares: