News

Rawan Kecelakaan, Pengendara Diingatkan Hati-hati Berkendara Saat Arus Balik Lebaran

Dirlantas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani. (ist)

POPULARITAS.COM – Direktur Lalu-lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengingatkan kembali kepada masyarakat agar lebih berhati-hati mengendarai kendaraan bermotor di saat arus balik pasca Lebaran, di mana kendaraan angkutan umum dan kendaraan pribadi sangat padat memasuki wilayah Aceh.

“Jangan memaksa kendaraan dengan kecepatan tinggi karena ingin cepat tiba di tempat tujuan, sehingga melanggar marka jalan dan rambu-rambu peringatan serta tidak menghormati pengguna jalan yang lain,” katanya dalam keterangan, Kamis (20/5/2021).

Dicky juga meminta pengendara meningkatkan waspada di area jalan nasional yang tidak memiliki penerangan jalan umum (PJU). Sebab, penglihatan pengendara akan terganggu yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalulintas.

“Pengemudi kendaraan bermotor harus paham bagaimana anatomi jalan yang akan dilewati , mengingat Aceh masih banyak jalan tikungan, tanjakan, turunan, rawan banjir dan tanah longsor,” tutur Dicky.

Ia menyebutkan, banyak terjadi laka-lantas di tikungan, karena pengendara kendaraan memaksa untuk mendahului kendaraan di depannya. Menurut Dicky, nyalip di tikungan sangat berbahaya karena pandangan pengemudi terbatas untuk mengetahui kendaraan di depannya.

“Faktor ngantuk saat mengendarai kendaraan salah satu penyebab terjadi laka lantas, hampir semua korban meninggal dunia akibat supir ngantuk,” jelas dia.

Dicky juga mengimbau dan mengingatkan masyarakat agar memanfaatkan rest area yang tersedia untuk istirahat.

“Apalagi perjalanan pada malam hari sangat rawan,  pengemudi sewaktu-waktu bisa saja mengantuk,” ujar Dicky.

Editor: dani

Shares: