News

Ratusan jiwa terdampak banjir di Aceh Jaya

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Jaya menyebabkan banjir di kabupaten setempat, Senin (10/1/2022).
Banjir di Aceh Jaya, Senin (10/1/2022). (Ist)

POPULARITAS.COM – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Aceh Jaya menyebabkan banjir di kabupaten setempat, Senin (10/1/2022). Banjir mulai memasuki pemukiman warga sekitar pukul 05.30 WIB.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Ilyas mengatakan, banjir melanda tiga desa pada 3 kecamatan di Aceh Jaya, yaitu Kecamatan Indra Jaya, Krueng Sabee dan Setia Bakti.

“Banjir ini akibat curah hujan dengan intensitas tinggi sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi yang terjadi di wilayah Aceh Jaya dan sekitarnya,” kata Ilyas dalam keterangannya, Senin (10/1/2022).

Ilyas menyampaikan, banjir tersebut telah merendam rumah warga sebanyak 68 KK dan 239 jiwa. Ketinggian air mencapai 20 hingga 70 cm.

Dia merincikan 239 jiwa itu tersebar di Gampong Ceunamprong (Kecamatan Indra Jaya), Gampong Keude Krueng Sabee (Kecamatan Krueng Sabee) dan Gampong Baroe Sayeung (Kecamatan Setia Bakti).

“Warga gampong Ceunamprong yang berjumlah 31 KK kini mengungsi ke balai desa dan tempat yang aman,” ungkap Ilyas.

Ilyas menambahkan bahwa kondisi terkini debit air belum surut dan kondisi cuaca masih hujan. BPBD Aceh Jaya telah meninjau lokasi dan melakukan tindakan dengan mengerahkan TRC guna kaji cepat dengan unit ruber boat.

“Juga untuk mengevakuasi masyarakat yang terjebak banjir serta pemasangan tenda untuk pengungsi. BPBD melakukan koordinasi dengan pihak terkait dan melakukan assesment/kaji cepat di lokasi serta pendataan, dokumentasi dan pelaporan,” katanya.

Shares: