News

Rafli serukan elite hentikan saling tuding terkait empat pulau di Aceh

Anggota DPR RI asal Aceh, Rafli menyerukan para elite untuk menghentikan sikap saling tuding menuding terkait polemik empat pulau di provinsi paling barat Indonesia itu yang kini dilaporkan masuk ke wilayah Sumatera Utara (Sumut).
Anggota Komisi VI DPR RI, Rafly saat berbicara dalam rapat paripurna. Foto: DPR

POPULARITAS.COM – Anggota DPR RI asal Aceh, Rafli menyerukan para elite untuk menghentikan sikap saling tuding menuding terkait polemik empat pulau di provinsi paling barat Indonesia itu yang kini dilaporkan masuk ke wilayah Sumatera Utara (Sumut).

“Tentu tidak elok jika sekarang kita menyikapi dengan saling tuding dan mencari-cari pihak yang patut disalahkan, tanpa memahami secara konprehensif semua aspek yang menjadi dasar keputusan tersebut,” katanya dalam keterangan, Selasa (24/5/2022).

Anggota Komisi VI DPR RI itu mengajak semua pemangku kepentingan di Aceh satu suara berdialog dengan pemerintah pusat.

“Pusat pasti akan dengar, jika aspirasi disuarakan secara bersama-sama dari Aceh. Jadi mari duduk bersama,” ajak Rafli.

Soal administratif empat pulau dimaksud, Rafli menilai ini menjadi cambuk besar bagi masyarakat di Bumi Serambi Mekkah. Oleh karena itu, perlu dialog secara meyeluruh untuk kebaikan Aceh.

“Kita kawal implementasi dari aspirasi bersama itu,” tegas Rafli.

Soal kewilayahan yang tengah jadi polemik, Rafli juga mengusulkan agar Pemerintah Aceh membentuk tim kerja khusus penyelesaian sengketa 4 pulau tersebut.

“Pemda Aceh bentuk saja tim yang tangguh, bekali dengan pengetahuan pulau dan pemetaan serta yang penting lihat lapangan, karena itu pulau di depan pantainya tapteng. Lalu presentasikan kembali di hadapan 8  KL (tim rupabumi) untuk mengetahui kebenaran. InsyaAllah Kemendagri akan memfasilitasi,” ujarnya.

Shares: