PWI Aceh: Kasat lantas jangan takut beri keterangan kecelakaan lalu lintas

POPULARITAS.COM – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Aceh menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Lalu Lintas Tahun Anggaran 2022 di Aula Serbaguna Ditlantas Polda Aceh, di Banda Aceh, Selasa (25/1/2022).

Kegiatan tersebut diikuti para Kasat Lantas, Kanit Regident, dan Kanit Laka dari Polres se-Aceh. Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani.

Turut hadir narasumber di antaranya dari Dinas Perhubungan Aceh, Jasa Raharja, Sat PJR, dan Ketua PWI Aceh Nasir Nurdin.

Ketua PWI Aceh tampil dengan materi tentang strategi media dalam memberikan edukasi kepada masyarakat terkait keselamatan berlalu lintas.

“Kita memang berharap adanya kerja sama yang baik antara wartawan (khususnya yang bernaung di organisasi PWI) dengan Polantas untuk memberikan edukasi terus menerus kepada masyarakat tentang keselamatan lalu lintas,” kata Dirlantas Polda Aceh, Kombes Dicky Sondani.

Ketua PWI Aceh mengawali materinya dengan penjelasan sekilas tentang fungsi pers yang di dalamnya termasuk pendidikan untuk meningkatkan wawasan dalam mencerdaskan bangsa.

“Salah satu fungsi pers adalah memberikan edukasi kepada masyarakat termasuk edukasi dalam hal ketertiban berlalulintas demi keselamatan di jalan. Insya Allah PWI Aceh siap berkolaborasi dengan Ditlantas Polda Aceh dan jajarannya,” kata Nasir.

Dalam salah satu bagian materinya, Nasir menyampaikan apresiasi kepada Kasat Lantas di jajaran Ditlantas Polda Aceh yang selama ini telah terjalin hubungan baik dengan wartawan di lapangan.

Namun, kata Nasir, menurut laporan yang diterima masih ada Kasat Lantas yang terkesan takut-takut memberikan informasi kepada wartawan yang mengonfirmasikan jika terjadi kasus laka lantas.

Oleh karena itu, Nasir berharap agar petugas dari kepolisian termasuk Kasat Lantas di polres-polres tak perlu takut memberikan keterangan yang ingin diketahui publik terkait kasus lakalantas.

“Kalau memang sedang dalam proses pengusutan, katakan saja pihak polisi sedang menyelidiki. Kita berharap dengan adanya penjelasan resmi dari pihak kepolisian bisa menghindari kesimpangsiuran informasi apalagi sampai memunculkan berita hoaks,” ujarnya.

Tentang masih adanya Kasat Lantas yang terkesan takut-takut memberikan keterangan kepada wartawan juga dibenarkan Dirlantas Polda Aceh, Kombes Dicky Sondani.

“Saya selalu ingatkan mereka (Kasat Lantas) tak perlu takut memberikan keterangan. Kalau memang sedang proses penyelidikan katakan saja sedang proses.”

“Jangan sampai gara-gara Kasat Lantas nggak beri keterangan, wartawan menyerbu saya. Padahal saya Dirlantas, bukan humas,” ujar mantan Kabid Humas Polda Sulsel itu.

Comments
Loading...