News

Putra Daerah Kuasai Perolehan Suara DPR RI di Simeulue

Rapat Pleno KIP di Simeulue | Foto: KIP Aceh

BANDA ACEH (popularitas.com) – Calon Legislatif DPR RI dari Partai Bulan Bintang (PBB), Sumardi, berhasil meraih suara terbanyak di Kabupaten Simeulue berdasarkan hasil rapat pleno KIP Aceh, di Sinabang, Rabu, 1-2 Mei 2019 lalu. Sumardi yang merupakan putra daerah kabupaten kepulauan terluar Aceh tersebut mengantongi 7.364 suara.

Jumlah suara ini melebihi pencapaian caleg DPR RI lain di kawasan yang sama. Illiza Saaduddin Djamal, misalnya. Mantan Wali Kota Banda Aceh yang naik kendaraan PPP di Pileg DPR RI 2019 ini hanya mampu mengumpulkan 4.074 suara di Simeulue. Sementara Rafli yang sebelumnya terpilih sebagai anggota DPD RI pada Pemilu 2014, justru hanya mengumpulkan 1.452 suara.

Irmawan dari PKB dan Fahdlullah dari Gerindra selaku caleg incumbent juga tidak dapat berbuat banyak di Simeulue. Irmawan dalam perhelatan pesta demokrasi 17 April lalu hanya mampu mengumpulkan 3.460 suara, sementara Fadhlullah 1.291 suara.

Karimun Usman dari PDI Perjuangan juga mengalami hal serupa. Politisi kawakan dari PDI P Aceh ini justru meraih suara minim, yaitu sebanyak 752 suara di Simeulue. Begitu pula dengan Sulaiman Abda dari Partai Golkar yang hanya mengantongi suara sebanyak 896 dari 10 kecamatan di Simeulue.

Nasib senada juga diperoleh politisi Demokrat Teuku Riefky Harsya yang memperoleh 3.784 suara, dan mantan Bupati Nagan Raya, HT Zulkarnaini alias Ampon Bang yang hanya mengantongi 655 suara di daerah tersebut.

Sebelumnya diberitakan, KIP Simeulue yang berada di bawah koordinasi KIP Aceh telah menggelar rapat pleno hasil Pemilu 2019 pada Rabu, 1-2 Mai 2019 lalu.

Rapat pleno yang dilaksanakan di Kota Sinabang tersebut dipimpin langsung oleh Ketua KIP Aceh, Syamsul Bahri, dengan Wakil Ketua Tharmizi beserta anggota Munawarsyah, Akmal Abzal, Muhammad, dan Ranisah.

Pleno terbuka ini dihadiri oleh PPK dari 10 kecamatan di Simeulue.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Simeulue pada 2019 ini mencapai 60.187 jiwa. Sementara yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 17 April 2019 lalu hanya mencapai 50.395 suara. Selain itu, Dapil Simeulue juga memiliki 225 jiwa pemilih disabilitas yang menggunakan hak pilih pada Pemilu serentak tahun ini.*(BNA)

Shares: