Puting Beliung Amuk Pasar Inpres  Muara Batu

LHOKSUKON (popularitas.com) -Angin puting beliung disertai hujan deras melanda pasar dan pemukiman masyarakat di Gampong Mane Tunong dan Keude Tuha, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, Rabu, 10 Juli 2019 sekitar pukul 17.00 WIB. Tiga rumah dan beberapa kios dikabarkan rusak parah.

Geuchik Gampong Mane Tunong, Hanafiah Lusyah saat dihubungi mengaku, bencana angin itu terjadi beberapa menit kemudian turun hujan lebat.

Sementara tiga rumah yang rusak akibat bencana angin kencang yaitu  milik almarhum Mayor M Saleh, serta kios bakso, kemudian rumah milik M Jamil Johan (70), akibat tumbang pohon sengon, dan rumah milik Munir (33) dengan kondisi atap rusak parah.

“Beberapa kios dan lapak dagang buah milik warga yang ada di pasar Inpres dan sepanjang simpang jalan elak juga ikut hancur akibat angin kencang itu. Ada juga satu bengkel rubuh, yaitu milik Murtala. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa maupun luka. Saat ini kita sedang mendata dan sebagian sudah saya laporkan ke pihak Muspika Muara Batu,” kata Hanafiah.

Selain itu, sejumlah pohon besar juga dilaporkan tumbang di Gampong Keude Tuha, di kecamatan yang sama. Angin juga menumbangkan pohon besar, yang berada tepat di sisi tikungan patah Krueng Mane di desa itu.

“Jalan menuju ke rumah kepala desa ada tiga pohon yang tumbang, dan pohon besar di tikungan jalan ,” kata Mulyadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah melalui sambungan telepon mengaku belum memiliki data valid jumlah korban akibat angin puting beliung di Muara Batu, karena pendataan sedang dilalukan. Namun, menurutnya dari tiga rumah rusak yang paling parah adalah milik M Jamil Johan, karena tertimpa dua pohon sekaligus.

“Karena ukuran pohon besar, saya sudah perintahkan petugas untuk mendatangkan mesin potong. Selain rumah ada beberapa kios, termasuk  kios buah milik Arman (17). Semua buah dagangannya rusak karena terhempas angin. Untuk data lengkap mohon sabar karena petugas masih mendata di lapangan,” katanya.*(C-004)

Anda mungkin juga berminat