PUPR Pidie Lapor Kerusakan Krueng Baro ke Balai Sungai

POPULARITAS.COM – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU-PR) Kabupaten Pidie, memastikan telah melaporkan kerusakan Krueng Baro di Kemukiman Garot Tungkop, Kecamatan Indrajaya.

Sebagaimana diketahui, sejumlah titik tebing sungai Krueng Baro, yang merupakan Daerah Aliran Sungai (DAS) Keumala mengalami kerusakan.

Bahkan, bahu jalan di Gampong Kumbang terlihat sudah tidak lagi rata, akibat tanah tebing sungai mengalami pergeseran.

Baca: Dinding Sungai Krueng Baro Pidie Terancam Amblas

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PU-PR) Kabupaten Pidie, Buchari Umar melalui Kabid Sumber Daya Air, Darwinsyah Arida mengatakan, pihaknya sudah melaporkan tentang kerusakan Krueng Baro, di Kemukiman Garot Tungkop ke Balai Sungai Wilayah Sumatra I.

Dikatakan, laporan ikhwal kerusakan dengan maksud percepatan penanganan kerusakan Krueng Baro ke Balai itu dilakukan Dinas PU, sekira dua pekan lalu, usai menerima laporan dari masyarakat setempat.

“Kita berharap agar Balai bisa segera menangani kerusakan Krueng Baro itu, karena masyarakat sekitar sudah sangat khawatir dengan kerusakan Krueng tersebut,” kata Plt Kadis PUPR Pidir, Buchari, Senin (20/9/2021).

Sebelumnya sejumlah titik ruas jalan Sigli-Jabal Ghafur di Kemukiman Garot Tungkop, Kecamatan Indrajaya, Pidie, terancam amblas ke dasar sungai.

Sebab, dinding penahan tanah di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Keumala, Krueng Baro itu mulai mengalami pergeseran akibat tanah di bawah badan jalan yang mulai labil.

Mukim Garot Tungkop, M Isa (70) mengatakan, kondisi tanah badan jalan yang mulai mengalami pergeseran sudah mulai terjadi dalam beberapa tahun terakhir.

“Tanah jalan ini mulai bergeser ke sungai sudah terjadi dalam dua tahun terakhir, dan yang paling parah tahun ini,” kata Mukim Garot Tungkop M Isa, Sabtu (4/9/2021).

Editor: dani

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.