Puncak arus balik ke Aceh diperkirakan 7-8 Mei 2022

POPULARITAS.COM – Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh perkirakan puncak arus balik ke provinsi ujung barat Sumatra itu, akan terjadi pada tanggal 7-8 Mei 2022. Untuk itu diimbau kepada masyarakat untuk menghindari waktu tersebut.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani menerangkan, saat ini kondisi pergerakan kenderaan cukup padat, baik dari jalur timur, maupun barat selatan.

Guna menghindari kemacetan parah, dirinya mengingatkan warga untuk bisa balik lebih awal, yakni dengan menghindri pulang ke Aceh pada tanggal 7 dan 8 Mei 2022.

“Sebaiknya lebih awal, agar terhindar dari kemacetan,” pintanya.

Ia juga memperkirakan, pada tanggal tersebut, saat terjadi puncak arus balik, akan terjadi kemacetan pada sejumlah ruas jalan di kabupaten dan kota, dan bahkan bisa berjam-jam lamanya.

Selain itu padatnya kendaraan, kata Kombes Pol Dicky Sondani, kemacetan juga dipengaruhi adanya pekerjaan pembangunan jembatan. Seperti di jalur barat di kawasan Kabupaten Aceh Barat

“Di wilayah Bubon, Kabupaten Aceh Barat masih ada pekerjaan jembatan yang belum selesai, sehingga kendaraan yang lewat harus bergantian dan menyebabkan kemacetan yang panjang,” kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Sebelumnya, kata Kombes Pol Dicky Sondani, ribuan kendaraan meninggalkan Banda Aceh, ibu kota Provinsi Aceh untuk mudik ke beberapa daerah di Aceh pada H+3 lebaran Idul Fitri 1443 Hijriah.

“Berdasarkan pantauan kami pada Rabu (4/5) hingga malam, ada ribuan kendaraan meninggalkan Banda Aceh. Mereka mudik ke berbagai daerah di Aceh.

Dari komunikasi dengan para pemudik, kata Kombes Pol Dicky Sondani, mereka baru bisa pulang kampung pada H+3 berlebaran di Banda Aceh. Ada juga dapat izin libur setelah 4 Mei 2022.

“Banyaknya kendaraan meninggalkan pemudik berdampak pada kemacetan lalu lintas, terutama di jalur timur di wilayah Pidie, Bireuen, dan Lhokseumawe serta juga wilayah Aceh Tengah,” kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Kombes Pol Dicky Sondani mengimbau kepada pemudik agar memperhatikan kondisi kesehatan saat mengendarai kendaraan bermotor. Kalau lelah dan ngantuk segera istirahat. Termasuk memperhatikan kelaikan kendaraan.

“Waspadai cuaca. Di antara faktor penyebab kecelakaan lalu lintas adalah cuaca. Hujan sudah mulai turun di wilayah Aceh. Akibat hujan bisa terjadi jalanan licin, air tergenang di jalan dan banjir,” kata Kombes Pol Dicky Sondani.

 

Editor : Hendro Saky

 

Comments
Loading...