Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh

Puluhan Yachter Mancanegara Ikut Meriahkan Sabang Marine Festival

Ilustrasi | Genpi

BANDA ACEH (popularitas.com) – Sedikitnya 23 yachter akan mengikuti agenda internasional Sabang Marine Festival (SMF) 2019 yang digelar tiap tahunnya di kota kepulauan Aceh tersebut. Puluhan yachter tersebut berasal dari Perancis, Amerika, Australia, Thailand, Singapura, Belanda, Malaysia, Alaska, Kanada, Inggris, dan Belgia.

Event tahunan program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bersama Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Aceh ini dibuka pada Jumat, 26 April 2019 dan bakal berakhir pada 30 April 2019.

“Mereka (yachter) saat ini berkeliling menikmati wisata Aceh mulai dari Sabang, Pulau Aceh hingga Simeulue nantinya,” kata Deputi Komersial dan Investasi BPKS, Agus Salim, Sabtu, 27 April 2019.

SMF tahun ini, kata Agus, akan menghadirkan ragam kebudayaan lokal kepada wisatawan asing. Tujuannya, agar para turis merasakan pengalaman yang berbeda dan berinteraksi langsung dengan budaya lokal sehingga tercipta hubungan emosional yang lebih dalam.

Sementara itu, Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh, Ramadhani mengatakan, ajang SMF penanda bahwa Aceh sudah siap menampung wisatawan yang tertarik dengan pariwisata bahari maupun budaya.

“Sabang salah satu daerah yang kita punya yang kuat di bidang pariwisata baharinya,” paparnya.

Para tamu asing dalam festival itu tak hanya diajak menjelajah wisata bahari dan sejarah Sabang, tetapi mereka juga diajak menyeberang ke Banda Aceh untuk melihat wisata ibu kota provinsi berjuluk Serambi Mekkah ini.

Ramadhani mengatakan para yachter juga akan berkunjungan ke desa wisata, city tour, paramotor show, dan fun bike.

“Di desa tersebut nantinya para yachter ini akan belajar mengenai kebudayaan lokal,” tambahnya.

Selain di Sabang, wisatawan juga diajak keliling kota ke Banda Aceh untuk melihat berbagai situs tsunami dan mengenalkan halal tourism. (ASM)

Shares: